Politik

Partisipasi Rendah, KPID Jateng Dorong Peran Radio dan TV di Pilkada Serentak 2020

Jumat, 14 Agustus 2020 - 19:04 | 52.91k
Wakil ketua KPID Jawa Tengah, Asep Cuwantoro. (FOTO: Pribadi)
Wakil ketua KPID Jawa Tengah, Asep Cuwantoro. (FOTO: Pribadi)

TIMESINDONESIA, SEMARANG – Wakil Ketua KPID Jateng, Asep Cuwantoro meminta kepada radio dan juga televisi di Jawa Tengah untuk menyiarkan program-program seputar pilkada. Media-media tersebut diharapkan aktif berkontribusi dalam mengajak masyarakat terlibat dalam Pilkada Serentak 2020 mendatang.

Menurutnya persoalan partisipasi pemilih masih menjadi pekerjaan rumah pada setiap perhelatan pemilu atau pilkada, apalagi saat ini berhadaoan dengan situasi pandemi.

"Terlebih di era pandemi seperti sekarang, berbagai pembatasan kegiatan terjadi. Hal tersebut akan menyulitkan penyelenggara pemilu untuk melakukan sosialisasi dan edukasi secara langsung kepada masyarakat," ujar Asep pada Jumat (14/8/2020).

Maka menurutnya radio sebagai pilar demokrasi keempat harus berperan melakukan siaran-siaran yang dapat meningkatkan pertisipasi pemilih. "

Dari mulai hari ini harus diperbanyak program pemberitaan, dialog, features, ILM, dan jenis program lainnya yang mengupas seputar pilkada dan pasangan calon harus dilakukan" tegas Asep.

Sebagai informasi, KPID Jateng menggandeng KPU dan Bawaslu selama dua pekan terakhir melakukan roadshow talkshow di radio dan televisi di 21 Kabupaten/ Kota di Jawa Tengah yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES