Olahraga

Ketua DPRD Kota Malang: Melindungi Budaya Arema Bagian dari Nasionalisme

Jumat, 14 Agustus 2020 - 16:59 | 19.49k
Ketua DPRD Kota Malang: Melindungi Budaya Arema Bagian dari Nasionalisme
Ketua DPRD Kota Malang : I Made Rian Diana Kartika (Foto: Aditya Hendra/TIMES Indonesia)
Pewarta: | Editor: Faizal R Arief

TIMESINDONESIA, MALANG – "Nasionalisme itu salah satunya Arema, maka perlu dilindungi dan menjadi budaya,” seru Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika kepada 45 anggota dewan lainnya saat meminta persetujuan terkait Perda Arema Day dalam peringatan HUT 33 Arema FC.

Gagasan Made ini menjadi perbincangan di kalangan Aremania. Langkah ini jelas sebagai suatu terobosan baru bagaimana memproteksi kultur Arema secara tersistem. Meski dalam beberapa tahun terakhir menjelang HUT Arema FC selalu dikeluarkan SE (Surat Edaran) di tiga kepala pemerintahan di Malang Raya kepada seluruh ASN pada semua lingkup tugas.

Jika nanti perda tersebut diberlakukan, artinya setiap tanggal 11 Agustus, wajib masyarakat merayakan hari lahir klub sepakbola kebanggaan Arek Malang itu. 

Menjadi sejarah baru, jika nantinya Perda Aremaday ini menjadi kenyataan. Rencananya, perda Aremaday akan mulai dibahas pada Nopember 2020, bahkan perda Aremaday masuk dalam daftar Program Legislasi Daerah ( Prolegda ), artinya prioritas untuk dibahas dan disahkan.

Lantas apa kaitan Arema dan Nasionalisme ? Made mengaitkan bahwa Agustus ini adalah  momentum bulan kemerdekaan juga memupuk rasa nasionalisme bangsa. “Arema mulai berdiri hingga usia 33 tahun, dikelola secara mandiri, dikelola secara gotong royong, dan warga Malang Raya secara ikhlas mendukungnya.

Demikian juga saat prestasi Arema FC jeblok ataupun sebaliknya berprestasi, itu juga berpengaruh terhadap psikis masyarakat Malang Raya. Momentum ultah Arema FC dengan hari kemerdekaan di bulan Agustus, menjadi modal untuk menggairahkan rasa nasionalisme warga Malang Raya untuk bangga dengan kotanya dan secara umum untuk Indonesia.

"Jargon Salam Satu Jiwa itu merangsang masyarakat untuk kompak bersatu dalam turut serta membangun dan menyukseskan program program pemerintah. Karena itu, banggalah Aremania dan Arema, mereka ini adalah pelopor dan penggiat nasionalisme,” katanya bersemangat. 

Ditambahkan Made, Malang Raya ini adalah miniatur Indonesia, berbagai agama, suku dan ras hidup bersama di Kota Malang.

“Keberagaman ada di kota pendidikan ini dan semua bisa diikat dan disatukan dalam bingkai Salam Satu Jiwa. Inilah miniatur Bhinneka Tunggal Ika, semua hidup rukun, dan ingin Malang berprestasi bersama,” imbuhnya. 

Tak heran jika Made, punya mimpi dan harapan baru untuk Malang ketika setahun ini menjabat pimpinan parlemen.

 "Saya ingin mengembalikan kejayaan Malang seperti dahulu, yakni tiga B. Satu, Balbalan, kedua Band-band an, dan ketiga adalah Balapan. Arema FC menjadi pioner untuk mewujudkannya , mengembalikan sepakbola Malang menjadi berprestasi, termasuk lahir arek-arek Malang yang luar biasa di bidang sepak bola dan selanjutnya turut serta memajukan musik dan balapan yang dulu menjadi barometer prestasi nasional,” tuturnya. 

Sementara ditanya kapan punya ide untuk membuat Perda itu, Made mengungkapkan bahwa sebenarnya setahun lalu sejak dirinya didaulat memimpin Ketua DPRD Kota Malang punya keinginan tersebut. Sayang, dirinya baru dilantik setelah perayaan ultah Singo Edan telah lewat sebulan. Dirjnya dilantik definitif pada 10 September 2019. 

“Niatan itu coba kami pendam, sabar kita tunggu tahun depan ( tahun ini,red ), sebagai kado terbaik untuk Arema. Saya komunikasi dan diskusi dengan sejumlah anggota dewan yang lain berbulan bulan. Mereka semua menyambutnya,” ungkap pria yang kini masih menjadi Ketua RW 2 Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru ini.

Secara gamblang, Made menjelaskan, kenapa perlu adanya Perda, karena warga Malang Raya sudah menyadari bahwa Arema menjadi alat pemersatu warga, termasuk menjadi ikonik kebanggaan bersama, bahkan sudah mengakar dan menjadikan karakter arek arek Malang dimanapun berada. 

“Bahkan Arema ini mampu memberi penghidupan kepada masyarakat Malang Raya. Bagaimana, Arema ini menghidupi kalangan UMKM, dengan berjualan souvenir, merchandise, apparel Arema. Bahkan, ini bisa menjadi ikon Malang Raya, mendongkrak para wisatawan, juga mampu menggairahkan warga Malang Raya, karena itu kita harus mulai melindungi ini, dan mentradisikan budaya budaya Arema ini menjadi kebanggaan dan daya tarik semua orang untuk datang ke Malang, dan turut mendongkrak prestasi Klub Sepakbola Arema FC,” ujarnya.

Ke depan, dalam perda ini harapannya tidak hanya sekedar mengatur tentang seremonial yang digelar rutin tiap tahun. Tapi, sudah memiliki program yang memberi nilai manfaat di segala aspek kehidupan. “Dari Arema ada semangat menumbuhkan UMKM, ada semangat bagaimana menumbuhkan dunia pendidikan, kepemudaan , kepekaan sosial, serta pengembangan SDM,” tuturnya.

Karenanya, lanjut pria yang memiliki dua anak perempuan ini, butuh infrastruktur untuk menjadi pusat menjalankan program program tersebut.

 "Saat manajemen Arema FC membuka wacana untuk pengelolaan Stadion Gajayana, maka kami dewan menyambut antusias. Karena Stadion Gajayana memiliki andil yang besar dalam sejarah perjalanan Arema. Kami sangat setuju jika Stadion Gajayana dikelola oleh ahlinya. Apalagi, Arema ini juga respek dengan prestasi cabang olahraga lainnya, maka Arema FC juga bisa mengakomodir dan menjadi leader agar olahraga di Kota Malang menjadi maju dan berprestasi, “ ujarnya.

Ketika nanti Stadion Gajayana dikelola oleh Arema FC, kepentingan yang lebih luas dan lebih besar dipastikan akan diakomodir di dalamnya.

Made menegaskan bahwa cabor lain tidak perlu perlu khawatir, lanjut alumni Universitas Gajayana Malang ini. "Cabor lain tidak akan kehilangan fasilitas di Gajayana, justru Arema akan membantu cabor lain untuk menumbuhkan semangat bersama dan berprestasi," ujarnya.

Tidak hanya itu, imbuhnyu, diskusi dengan manajemen Arema FC, Stadion Gajayana akan dikembangkan fungsinya untuk sport education, sport science, training camp, pembinaan usia dini, museum juga pengembangan UMKM, termasuk mengonsep fasilitas berkesenian. 

“Kami menyadari dan menghargai, Arema FC jika pertandingan resmi berbagi dengan Pemkab Malang bertanding di Stadion Kanjuruhan, namun untuk latihan serta keperluan lainnya di gelar di Stadion Gajayana. Kami sepakat dengan pendapat Bang Ovan Tobing, salah satu pendiri, Gajayana dengan historinya bersama Arema harus selalu di doktrinasi kepada pemain pemain usia dini, termasuk pemain senior, bahwa kelahiran dan prestasi Arema diukir di stadion Gajayana. Ini yang harus selalu ditanamkan,” pungkas suami dari Eka Yunita, SE ini.

Menurut Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika, Arema FC memang memiliki historis tersendiri dengan Stadion Gajayana, klub kebanggaan Arema ini menjadikan Stadion Gajayana sebagai tanah kelahiran, sebelum akhirnya pada tahun 2004 mereka memutuskan untuk pindah ke Stadion Kanjuruhan karena alasan kapasitas stadion.(*)



Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
KOMENTAR

EKORAN

TERBARU

  • Jumat Berkah: Ke-Aku-an, Penyebab Kehinaan Hamba
    Jumat Berkah: Ke-Aku-an, Penyebab Kehinaan Hamba
    25/09/2020 - 06:15
  • Vegetable Rainbow Meatballs will Make Your Mouth Dances Nonstop
    Vegetable Rainbow Meatballs will Make Your Mouth Dances Nonstop
    25/09/2020 - 05:22
  • Posisi Rakyat dalam Menjaga Entitas Demokrasi di Pilkada
    Posisi Rakyat dalam Menjaga Entitas Demokrasi di Pilkada
    25/09/2020 - 04:16
  • Berhubungan Intim Pasca Serangan Jantung, Amankah?
    Berhubungan Intim Pasca Serangan Jantung, Amankah?
    25/09/2020 - 03:45
  • Pilkada 2020, Opini Publik dan Ilusi Demokrasi
    Pilkada 2020, Opini Publik dan Ilusi Demokrasi
    25/09/2020 - 02:22
  • Kendaraan Berbahan Bakar Bensin Bakal Dilarang Beredar Di California
    Kendaraan Berbahan Bakar Bensin Bakal Dilarang Beredar Di California
    25/09/2020 - 01:34
  • Pandanaran Hotel Yogyakarta has Been Labeled Safe by the Local Government
    Pandanaran Hotel Yogyakarta has Been Labeled Safe by the Local Government
    25/09/2020 - 00:40
  • Inilah Orasi Politik Machfud Arifin Setelah Mendapat Nomor Urut 2
    Inilah Orasi Politik Machfud Arifin Setelah Mendapat Nomor Urut 2
    24/09/2020 - 23:24
  • Kementerian PUPR RI Serahterimakan Gedung Kuliah I dan Laboratorium Politeknik Negeri Ketapang
    Kementerian PUPR RI Serahterimakan Gedung Kuliah I dan Laboratorium Politeknik Negeri Ketapang
    24/09/2020 - 23:16
  • Striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic Positif Terinfeksi Covid-19
    Striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic Positif Terinfeksi Covid-19
    24/09/2020 - 23:03

TIMES TV

Rahasia Tubuh Bugar dan Cantik Aktris Yurike Prastika

Rahasia Tubuh Bugar dan Cantik Aktris Yurike Prastika

17/09/2020 - 11:27

[CEK FAKTA] Pemerintah Bagikan Laptop bagi Siswa dan Guru Terdampak Covid-19

[CEK FAKTA] Pemerintah Bagikan Laptop bagi Siswa dan Guru Terdampak Covid-19
Warga SDK Santa Maria 2 Turut Rayakan HUT 33 Arema FC

Warga SDK Santa Maria 2 Turut Rayakan HUT 33 Arema FC
Hari Ulang Tahun  Arema FC, Ideologi dan Prinsip Dasar Arek-arek Malang

Hari Ulang Tahun  Arema FC, Ideologi dan Prinsip Dasar Arek-arek Malang
[CEK FAKTA] Gibran Tantang Rocky Gerung, Presiden Jokowi Serahkan Jabatan ke Prabowo

[CEK FAKTA] Gibran Tantang Rocky Gerung, Presiden Jokowi Serahkan Jabatan ke Prabowo

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Jumat Berkah: Ke-Aku-an, Penyebab Kehinaan Hamba
    Jumat Berkah: Ke-Aku-an, Penyebab Kehinaan Hamba
    25/09/2020 - 06:15
  • Posisi Rakyat dalam Menjaga Entitas Demokrasi di Pilkada
    Posisi Rakyat dalam Menjaga Entitas Demokrasi di Pilkada
    25/09/2020 - 04:16
  • Pilkada 2020, Opini Publik dan Ilusi Demokrasi
    Pilkada 2020, Opini Publik dan Ilusi Demokrasi
    25/09/2020 - 02:22
  • Polemik Regulasi Kekerasan Seksual, Banyak Korban Menyuarakan Keadilan
    Polemik Regulasi Kekerasan Seksual, Banyak Korban Menyuarakan Keadilan
    24/09/2020 - 16:30
  • Perang Melawan Pandemi Covid-19, Refleksi Peringatan Hari Perdamaian Internasional
    Perang Melawan Pandemi Covid-19, Refleksi Peringatan Hari Perdamaian Internasional
    24/09/2020 - 16:00
  • Perubahan Fokus Ilmu dan Teknologi Pangan di Era Pandemi Covid-19
    Perubahan Fokus Ilmu dan Teknologi Pangan di Era Pandemi Covid-19
    24/09/2020 - 11:30
  • Korban “Kejahatan” Instruksi
    Korban “Kejahatan” Instruksi
    24/09/2020 - 08:24
  • Bukan “Budak-Budak Intelektual”
    Bukan “Budak-Budak Intelektual”
    24/09/2020 - 05:51
  • Rayakan Ultah Bareng Vidi Aldiano, Sheila Dara Diminta Segera Nikah
    Rayakan Ultah Bareng Vidi Aldiano, Sheila Dara Diminta Segera Nikah
    25/09/2020 - 06:45
  • Ke Kemendagri Soal Minangkabau, Fadli: Ngawur, Mana Ada Urusan sampai PBB?
    Ke Kemendagri Soal Minangkabau, Fadli: Ngawur, Mana Ada Urusan sampai PBB?
    25/09/2020 - 06:41
  • Terungkap! Ini Motif Suami Gorok Leher Istri hingga Tewas di Deli Serdang
    Terungkap! Ini Motif Suami Gorok Leher Istri hingga Tewas di Deli Serdang
    25/09/2020 - 06:41
  • Tak Mau Kalah dengan Andre, Gading Marten Bikin Vespanya Tampil Ganteng
    Tak Mau Kalah dengan Andre, Gading Marten Bikin Vespanya Tampil Ganteng
    25/09/2020 - 06:40
  • Selain Hadang Pemotor, Nicholas Saputra Trending Gara-Gara 3 Hal Ini
    Selain Hadang Pemotor, Nicholas Saputra Trending Gara-Gara 3 Hal Ini
    25/09/2020 - 06:35
  • Kisah Putra Raja Besar Mataram Pegang Tongkat Komando Tertinggi TNI AD
    Kisah Putra Raja Besar Mataram Pegang Tongkat Komando Tertinggi TNI AD
    25/09/2020 - 05:00
  • Gaya Seks Buat 4 Jenis Penis, Bikin Puas Sampai Bergetar
    Gaya Seks Buat 4 Jenis Penis, Bikin Puas Sampai Bergetar
    25/09/2020 - 01:00
  • Menang Tipis di San Siro, AC Milan Pastikan Tiket Playoff Liga Europa
    Menang Tipis di San Siro, AC Milan Pastikan Tiket Playoff Liga Europa
    25/09/2020 - 03:27
  • 2000 Wanita Ditiduri, Hanya 3 yang Dinikahi Dennis Rodman
    2000 Wanita Ditiduri, Hanya 3 yang Dinikahi Dennis Rodman
    25/09/2020 - 00:04
  • Jual CD ke Deddy Corbuzier, Dinar Candy: Balik Gak Pakai Celana Dalam
    Jual CD ke Deddy Corbuzier, Dinar Candy: Balik Gak Pakai Celana Dalam
    25/09/2020 - 00:00