Peristiwa Daerah

Disbudparpora Kabupaten Cirebon Sebut Jumlah Wisatawan Naik 40 Persen

Jumat, 14 Agustus 2020 - 16:31 | 48.15k
Kabid Pariwisata Disbudparora Kabupaten Cirebon, Nana Mulyana (Foto: Devteo MP/TIMES Indonesia)
Kabid Pariwisata Disbudparora Kabupaten Cirebon, Nana Mulyana (Foto: Devteo MP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga atau Disbudparpora Kabupaten Cirebon secara resmi merilis angka peningkatan jumlah wisatawan setelah diterapkannya Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kabupaten Cirebon sejak 27 Juni lalu.

Kepala Disbudparpora Kabupaten Cirebon melalui Kabid Pariwisata, Nana Mulyana mengungkapkan selama diterapkannya masa AKB, peningkatan jumlah wisatawan di Kabupaten Cirebon sudah mencapai 40 persen.

"Setelah diterapkannya AKB ini peningkatannya sudah mencapai 40 persen pasca dilanda pandemi," ungkap Nana, Jumat (14/8/2020).

Dari jumlah peningkatan tersebut, sambung Nana, di dominasi oleh wisata alam, rumah makan, perhotelan dan tempat hiburan malam. Untuk wisata alam peningkatan jumlah wisatawan berada di destinasi Ambulu, Batu Lawang, Pasar Batik, Rumah Makan, Hiburan Malam Perhotelan.

Selain itu terjadi lonjakan pula pada saat Jumat kliwon beberapa waktu yang lalu, di mana menurut Nana, pengunjung ziarah makan Sunan Gunung Jati mencapai 10 ribu orang. "Padahal Makam Sunan Gunung Jati belum resmi dibuka," jelasnya.

Meskipun demikian, lanjut Nanan, dari seluruh lokasi destinasi wisata yang ada terus menegakan protokol kesehatan.

"Alhamdulillah dari semua destinasi wisata yang sudah buka semuanya jalankan protokol kesehatan sehingga seluruh pengunjung kami pantau tertib gunakan masker dan terapkan jaga jarak," ungkapnya.

Ketika disinggung soal target jumlah pengunjung untuk mendongkrak pendapatan asli daerah, dirinya menuturkan untuk target sediri masih mempertanyakan perbatasan kelonggaran yang sampai dengan saat ini masih dibatasi oleh pemerintah.

"Untuk soal target kita belum patok, soalnya kami kuga belum tau sampai kapan pemerintah menetapkan normalisasi ini baru, soalnya hal ini akan berpengaruh pada pembatasan pengunjung," tutup Kabid Pariwisata Disbudparpora Kabupaten Cirebon. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES