Peristiwa Daerah

Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan Rp142,5 Juta untuk Korban Kebakaran Tanjung Laut Indah

Jumat, 14 Agustus 2020 - 14:39 | 23.24k
Manager CSR Pupuk Kaltim, Fakhri Husaini dan Wali kota Bontang,  Neni Moerniaeni saat menyerahkan bantuan simbolis kepada salah satu korban kebakaran. (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)
Manager CSR Pupuk Kaltim, Fakhri Husaini dan Wali kota Bontang, Neni Moerniaeni saat menyerahkan bantuan simbolis kepada salah satu korban kebakaran. (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANGKebakaran di 2 RT Kelurahan Tanjung Laut Indah Bontang Selatan, Kalimantan Timur yang menghanguskan puluhan pemukiman warga sekitar, langsung direspon Pupuk Kaltim melalui penyerahan bantuan bagi para korban bencana, pada Kamis (13/08/2020).

Bantuan yang disalurkan senilai Rp142,5 Juta terdiri dari sembako untuk dapur umum, konsumsi dan pakaian senilai Rp30 Juta, serta bantuan dana tunai dari zakat karyawan Pupuk Kaltim melalui UPZ Pupuk Kaltim senilai Rp112,5 Juta.

Bantuan diserahkan Manajemen Perusahaan melalui Manager CSR Pupuk Kaltim Fakhri Husaini, kepada Walikota Bontang Neni Moerniaeni, serta oleh Ketua UPZ Pupuk Kaltim Nur Sahid, bersama perwakilan karyawan (muzaki) langsung kepada perwakilan korban kebakaran, di Posko Kebakaran Tanjung Laut Indah.

Fakhri mengungkapkan, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pupuk Kaltim bagi para korban, sebagai respon cepat Perusahaan atas bencana yang terjadi. Dirinya berharap bantuan ini bisa meringankan beban korban bencana, utamanya untuk pemenuhan kebutuhan pokok harian hingga pakaian.

“Semoga apa yang disalurkan dapat meringankan beban para korban dan dimanfaatkan sesuai kebutuhan,” kata Fakhri. 

Pada kesempatan yang sama, Nur Sahid mengatakan bantuan dari UPZ Pupuk Kaltim sengaja disalurkan berupa uang tunai, agar bisa dimanfaakan untuk kebutuhan yang bersifat mendesak, seperti perbaikan rumah maupun tempat tinggal sementara. Total penerima bantuan tunai UPZ ada 24 Kepala Keluarga (KK), terdiri dari 21 KK dengan kondisi rumah habis terbakar, masing-masing menerima Rp5 Juta. Ditambah 3 KK terdampak, masing-masing menerima Rp2,5 juta.

“Bantuan ini merupakan zakat karyawan Pupuk Kaltim yang terkumpul setiap bulan melalui UPZ dan disalurkan dalam bentuk tunai agar bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan yang bersifat mendesak,” terang Nur Sahid, Jumat, (14/08/2020).

Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas bantuan atas respon cepat Pupuk Kaltim bagi para korban kebakaran. Dirinya menilai bantuan yang disalurkan sangat bermanfaat, khususnya untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti halnya pakaian dan makanan. Begitu juga uang tunai, bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan prioritas oleh para korban.

“Atas nama Pemkot Bontang kami ucapkan terima kasih untuk kontribusi dan kepedulian Pupuk Kaltim bagi para korban. Semoga bantuan ini menjadi berkah, baik bagi penerima maupun Pupuk Kaltim,” kata Neni. 

Salah satu korban kebakaran, Nuhaya (60), warga RT.33 Tanjung Laut Indah, mengucap syukur atas bantuan Pupuk Kaltim. Dirinya mengaku sangat butuh uluran tangan, mengingat tak satupun harta benda yang bisa diselamatkan, dengan kondisi rumah yang juga hangus terbakar.

Dirinya berharap bantuan Pupuk Kaltim tak berhenti sampai disini, karena rata-rata para korban kebakaran mengalami hal serupa dengannya. “Saya sangat bersyukur ada bantuan dari Pupuk Kaltim. Uangnya rencana untuk perbaiki rumah seadanya dulu, biar tidak numpang sana sini nanti,” ucap Nuhaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : Bontang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES