Politik

Corona Belum Usai, Rizal Ramli: Anggaran Pilkada 20 T Tak Banyak Beri Manfaat untuk Rakyat

Jumat, 14 Agustus 2020 - 08:03 | 60.15k
Rizal Ramli. (foto. dok Rizal Ramli)
Rizal Ramli. (foto. dok Rizal Ramli)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPilkada Serentak 2020 terus menuai polemik. Mulai dari kekhawatiran hajatan ini akan berubah menjadi klaster baru virus Corona, hingga pemborosan anggaran yang seharusnya bisa dimanfaatkan lebih baik.

Salah satu kritik tentang anggaran pilkada disampaikan oleh Tokoh Nasional Dr Rizal Ramli. Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur tersebut mencatat anggaran Pilkada 2020 menyentuh angka Rp 20 triliun.

Rizal Ramli merinci bahwa total anggaran Pilkada 2020 pada Februari lalu senilai Rp 15 triliun. Komisi Pemilihan Umum (KPU) lantas meminta tambahan anggaran sebesar Rp 4,7 triliun pada Juni 2020.

“Total nyaris Rp 20 triliun. Sementara manfaatnya nyaris tidak ada,” tegas pria yang akrab disapa RR itu, Kamis (13/8/2020) malam.

Lebih lanjut RR menilai gelaran pilkada tahun ini hanya akan meneruskan tradisi oligarki KKN dan politik uang.

Peluang calon penantang atau di luar dinasti yang berkuasa memang cukup sulit dalam berlaga di masa pandemi. Bantuan-bantuan Corona berpeluang dijadikan alat untuk kampanye para petahana.

Di sisi lain ia mengaku prihatin dengan kondisi rakyat. Sebab Corona belum usai. Bahkan banyak pelajar di Papua terpapar Covid-19. Totalnya lebih dari 290 murid.

Maka, anggaran yang seyogyanya bisa digunakan untuk penanganan Covid-19, tegas Rizal, sangat disayangkan jika digelontorkan demi hajatan politik yang tidak banyak memberi manfaat bagi rakyat.

Apalagi saat Corona, risiko kesehatan makin meningkat. Padahal, lanjutnya, dana sebesar itu bisa dimanfaatkan untuk menunjang pendidikan warga kurang mampu di tengah pandemi. Di mana masalah gawai dan kuota internet siswa menjadi keluhan orang tua murid yang tengah terdampak ekonomi akibat Corona.

“Lebih baik (anggaran Pilkada Serentak 2020) Rp 20 triliun itu untuk beli 30 juta handphone, pasang wifi di 1 juta titik, pulsa gratis untuk anak tidak mampu," kata Rizal Ramli. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES