Peristiwa Daerah

Amri Aulia Rochmana Dikukuhkan Sebagai Ketua Matra Ponorogo

Jumat, 14 Agustus 2020 - 07:54 | 112.01k
Pengukukah ketua Masyarakat Adat Nusantara Ponorogo. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)
Pengukukah ketua Masyarakat Adat Nusantara Ponorogo. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGOAmri Aulia Rochman, dikukuhkan sebagai Ketua DPD Matra Ponorogo. Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Umum DPP Masyarakat Adat Nusantara (Matra) Kanjeng Pangeran Haryo Wiroyudhodi Joglo Paju, Ponorogo, Kamis (13/8/2020) malam.

Pangeran Haryo mengatakan, masyarakat adat  merupakan komunitas yang hidup berdasarkan asal-usul leluhur secara turun-temurun di suatu wilayah yang memiliki kedaulatan atas tanah dan kekayaan alam, serta kehidupan sosial budaya yang diatur oleh hukum adat.

Pengukukah-ketua-Masyarakat-Adat-Nusantara-Ponorogo-b.jpg

"Adanya pengukuhan ini agar wilayah Jawa Timur, khususnya Ponorogo bisa lebih mempertahankan ketahanan adat dan budayanya. Hal ini sangat penting sekali terutama untuk menangkis isu-isu masalah perpecahan isu antara adat budaya dengan kepercayaan dan agama. Ini yang sangat sensitif sekali," ujar Pangeran Haryo.

Menurutnya, hal tersebut bertujuan untuk mengembangkan potensi ekonomi masyarakat adat nantinya. "Matra nantinya akan bekerjasama dengan kementerian perekonomian supaya ada pembiayaan-pembiayaan terhadap masyarakat adat ini dalam mendongkrak dan memperkuat usaha ekonomi makro," jelasnya.

Sementara itu, Amri Aulia Rochman, yang dikukuhkan sebagai Ketua DPD Matra Kabupaten Ponorogo mengatakan, bahwa dirinya bersama pengurus lainnya siap menjaga amanah yang telah diberikan. Dia juga berharap setelah ini, Ponorogo bisa semakin eksis, terutama di bidang kesenian dan kebudayaan serta masyarakat ekonomi kreatifnya bisa lestari selamanya.

Pengukukah-ketua-Masyarakat-Adat-Nusantara-Ponorogo-c.jpg

"Ini amanah yang wajib dijalankan. Kedepan, kami berharap Ponorogo semakin jaya dan bisa menjadikan kesenian reyog tetap terjaga agar bisa lebih mendunia, dan dari Matra ini, mari kita bangun bersama kebudayaan Ponorogo," ucapnya.

Amri juga menjelaskan, satu hal yang membedakan masyarakat adat dari yang lainnya adalah mereka mempunyai budaya yang khas menyangkut agama sistem suku pakaian tarian hidup sehari hari dan cara mencari nafkah.

"Kelestarian masyarakat adat ini, terutama di Ponorogo kita harapkan akan selalu terjaga. Karena ini salah satu jati diri bangsa. Dengan keberagaman yang dimiliki, ini patut dihormati dan dilestarikan oleh setiap generasi penerus di Kota Reog," katanya.

Turut hadir dalam pengukuhan Amri Aulia Rochman sebagai Ketua DPD Matra Ponorogo, Ketua DPW Eks Karesidenan Madiun, Staff Ahli Kemenko Perekonomian Raden Andi Budi Sulistijanto, Ketua Sanggar Kartika Puri Paju, Wenas Sudirman dan segenap pengurus lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES