Gaya Hidup

Facebook dan Instagram Kampanye Edukasi #NyamandiSosmed

Kamis, 13 Agustus 2020 - 06:02 | 63.06k
Ilustrasi. Facebook meluncurkan kampanye edukasi bertajuk #NyamandiSosmed. (FOTO: Shutterstock)
Ilustrasi. Facebook meluncurkan kampanye edukasi bertajuk #NyamandiSosmed. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTAFacebook dan Instagram meluncurkan kampanye edukasi publik bertajuk #NyamandiSosmed. Program ini akan dimulai selama sebulan ke depan, mengajak warganet lebih memahami kendali yang mereka miliki agar tetap aman dan nyaman saat berada di platform tersebut.

Para pengguna juga dapat memanfaatkan ragam fitur untuk membangun komunitas serta menjadikan interaksi di ranah daring lebih bermakna. Platform ini membantu orang untuk terhubung dengan teman dan keluarga, menemukan perhelatan lokal, dan komunitas yang sesuai dengan minat mereka. 

"Karena itulah kami terus mengajak masyarakat di Indonesia untuk memanfaatkan fitur-fitur keamanan di Facebook dan Instagram agar dapat menikmati pengalaman di ranah online secara optimal," kata Public Policy untuk Facebook Indonesia, Karissa Sjawaldy dalam peluncuran kampanye #NyamandiSosmed, Rabu (12/8/2020), dikutip dari Antara.

Kampanye ini memiliki serangkaian program, di antaranya adalah kolaborasi dengan komikus muda Naufal Faridurrazak yang dikenal lewat "Anima Si Nopal". Melalui kolaborasi ini akan menampilkan Nopal bersama Cuty, Abah Enol, dan Bunda, Nopal akan menampilkan serial animasi tentang cara menjadi warga digital yang cermat saat menggunakan Facebook dan Instagram.

Sebagai informasi "Anima Si Nopal" akan mengulas tentang tips dan trik mudah mengetahui berita palsu atau misinformasi, cara melindungi akun media sosial dari pembajakan (hacking) dan penipuan (phising/scamming), serta pentingnya bersikap bijak sebelum membagikan informasi atau berita. Serial ini akan tayang di halaman Facebook dan akun Instagram Si Nopal, dan di halaman Facebook Indonesia.

"Melalui kolaborasi ini 'Anima Si Nopal' ingin berpesan kepada masyarakat untuk lebih cermat dan bijak saat menggunakan media sosial, sehingga dapat menyebarkan konten yang positif dan bermanfaat," ujar Naufal.

Facebook juga berkolaborasi dengan Nur Alif Ramadhan, kreator muda di balik akun animasi Dalang Pelo. Dua karakter utama akun Dalang Pelo, Acil dan Leri, akan membagikan tips dan trik mengenali akun bisnis penipu di Instagram dan Facebook melalui video animasi yang interaktif.

Selain serial animasi, kampanye edukasi ini juga akan hadir dalam bentuk podcast di kanal #NyamandiSosmed di Box2Box ID. Karissa menambahkan, pentingnya bagi orang-orang yang berinteraksi di Facebook dan Instagram dengan aman dan nyaman. "Tahun ini fokus kita menjaga keamanan akun dan menjaga kebenaran berita," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES