Peristiwa Daerah

Pemuda Desa di Banyuwangi Rayakan HUT 75 RI dengan Lomba Kampung Merdeka

Rabu, 12 Agustus 2020 - 22:01 | 231.63k
Lomba Kampung Merdeka di Desa Kebaman, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/TIMES Indonesia)
Lomba Kampung Merdeka di Desa Kebaman, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Pemuda Desa Kebaman, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, merayakan peringatan HUT 75 RI dengan Lomba Kampung Merdeka.

Lomba kampung ini sengaja digelar dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat desa. Tentunya dengan tidak meninggalkan sejumlah protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Lomba-Kampung-Merdeka-2.jpg

Kampung Merdeka merupakan istilah nama perlombaan yang diinisiasi oleh Karang Taruna 'Tunas Pemuda Desa Kebaman untuk membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat di tengah pandemi. Tema yang dipilih adalah 'Semangat Kemerdekaan Menyambut Era New Normal'.

Menurut Ketua Karang Taruna Desa Kebaman, Rizki A. Restiawan, lomba Kampung Merdeka itu berupa menghias lingkungan RT atau RW masing-masing dengan ornamen bernuansa merah putih khas kemerdekaan.

"Bisa dengan membuat gapura bambu, memasang lampu hias, umbul-umbul maupun pernak-pernik. Kami bebaskan, agar masyarakat bisa berkreasi," ungkap Rizki kepada TIMES Indonesia, Rabu (12/8/2020).

Rizki mengatakan, dalam lomba tersebut para peserta yang terdiri dari warga lingkungan RT atau RW wajib memperhatikan aspek kedisiplinan berupa protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Ini dilakukan agar selama pelaksanaan lomba dapat berjalan lancar dan sesuai anjuran dari pemerintah," ujar Rizki.

Pemuda lulusan Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi tersebut menjelaskan, konsep Kampung Merdeka tercetus karena melihat kondisi masyarakat ditengah pendemi Covid-19 yang ruang geraknya terbatasi, hingga beberapa aktifitas harus dilakukan via online.

Lomba-Kampung-Merdeka-3.jpg

"Termasuk anak-anak sekolah yang memang harus melakukan kegiatan belajar mengajar dengan cara daring. Ini kemudian penting kita fikirkan tentang bagiamana mencari jalan keluar," terangnya.

Itu sebabnya, lanjut Rizki, dalam Lomba Kampung Merdeka tersebut, para peserta RT atau RW yang meraih juara akan mendapatkan hadiah berupa pemasangan Wi-Fi secara gratis yang digunakan untuk kebutuhan selama masa pandemi. Pemenang akan diambil juara 1, 2 dan 3.

"Kami ajak teman-teman para pengusaha Wi-Fi yang ada di Desa Kebaman untuk ikut bersama memikirkan permasalahan ini. Alhamdulilah semuanya siap mensupport," ungkap Rizki yang juga Pengurus Pusat Organisasi Akar Desa Indonesia.

"Wi-Fi tersebut bisa dimanfaatkan untuk anak-anak di lingkungan RT atau RW setempat dalam kegiatan tugas daring di sekolah," tambah Rizki.

Rizki melanjutkan, dalam lomba tersebut ada beberapa penilaian bagi para peserta. Pertama tentang kedisiplinan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan kebersihan lingkungan, kedua dari unsur ornamen hiasan merah putih. Ketiga estetika dan yang ke empat tentang kekompakan.

"Ke empat indikator penilaian tersebut harus terpenuhi jika ingin menjadi juara dalam Lomba Kampung Merdeka," tutur Rizki.

Pendaftaran lomba mulai tanggal 1 hingga 14 Agustus 2020. Untuk penilaian dilakukan mulai tanggal 16-29 Agustus 2020. Sementara pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 30 dan penyerahan hadiah pada tanggal 31 Agustus 2020.

Meski begitu Rizki juga mengingatkan bahwa tujuan daripada lomba tersebut bukan sekedar mendapatkan hadiah semata. Namun lebih kepada bagaimana manfaat dan semangat masyarakat dalam merayakan hari kemerdekaan RI.

Sementara itu, Kepala Desa Kebaman, Alif Burhanuddin menyambut baik apa yang dilakukan oleh pemuda Karang Taruna. Menurutnya, ide kreatif tersebut patut didukung sebagai bagian dari proses pengabdian kepada masyarakat.

"Ditambah lagi semangat masyarakat juga luar biasa. Di tengah pendemi, tapi tetap guyup merayakan kemerdekaan RI," tandas Alif Burhanuddin.

Dari pantauan TIMES Indonesia, semangat masyarakat Desa Kebaman Kabupaten Banyuwangi dalam menyambut Lomba Kampung Merdeka dalam perayaan HUT 75 RI ini sangat luar biasa. Hampir tiap sudut desa nampak sudah terpasang ornamen bernuansa merah putih khas kemerdekaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES