Peristiwa Daerah

Pelayanan 'Rasa Cinta' ala Kelurahan Lok Tuan Bontang, Ini Maknanya 

Rabu, 12 Agustus 2020 - 22:04 | 32.95k
Lurah loktuan, Muh. Takwin. (Foto: Kusnadi/TIMES indonesia)
Lurah loktuan, Muh. Takwin. (Foto: Kusnadi/TIMES indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Kelurahan merupakan instansi yang selalu berkaitan dengan melayani masyarakat. Dalam melayani masyarakat, Kelurahan Lok Tuan Kota Bontang berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan dengan Rasa Cinta.

Secara Harfiah, Rasa Cinta merupakan kasih sayang. Seyognya, ketika pelayanan dilakukan dengan kasih sayang, maka akan timbul rasa nyaman terhadap masyarakat. 

"Namun, Rasa Cinta yang dimaksud dari tagline tersebut adalah Ramah, Santun, Cekatan, Intelek, Terampil dan Amanah," kata Lurah Lok Tuan, M Takwin saat ditemui TIMES Indonesia, Rabu (12/8/2020).

Dari setiap kata, Takwin menjelaskan bahwa Ramah adalah ketika melayani masyarakat harus memberikan senyuman dan tidak melakukan deskriminasi terhadap masyarakat.

Santun, berbudi bahasa yang baik kepada masyarakat dan tidak arogan. Cekatan, dalam melayani masyarakat harus teliti sehingga pelayanan akan lebih efektif. Kemudian, Intelek, pegawai harus memiliki kemampuan dan pengetahuan.

Selanjutnya,Terampil setiap pegawai akan dibekali pelatihan agar dalam melayani masyarakat semakin terampil. Dan yang terakhir adalah Amanah, setiap pegawai harus menjalankan tugas dengan baik, apa yang ditugasi oleh atasan maupun pelayanan yang ada di Customer service. 

"Tagline itu wajib diterapkan oleh semua pegawai. dan kami pasang spanduk di bagian pelayanan. Supaya terus dilihat dan bisa selalu diingat untuk diterapkan dalam melakukan pelayanan," ucapnya

Kelurahan Lok Tuan juga tidak membatasi masyarakat untuk membuat pengaduan jika terdapat ketidakpuasan dalam pelayanan. Masyarakat bisa mengisi lembar penilaian atau mengirim pengaduan di akun media sosial Kelurahan.

Bahkan Takwin mengaku masyarakat bisa juga langsung menghubungi dirinya, tidak ada batasan untuk melakukan pengaduan. Biasanya ia juga menerima pengaduan melalui telepon.

"Untuk sosial media kita punya akun IG, Website dan FB. Di situ bisa sebagai sarana informasi, dan juga bisa sebagai sarana masyarakat menyampaikan saran atau permasalahan yang ada di Kelurahan Lok Tuan," tutup Takwin selaku Kepala Kelurahan Lok Tuan Kota Bontang.(d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES