Peristiwa Daerah

Bangkitkan Sektor Pariwisata, PHRI DIY Siap Kolaborasi dengan TIMES Indonesia

Rabu, 12 Agustus 2020 - 21:42 | 47.85k
Ketua DPD PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono saat menerima audiensi General Manager TIMES Indonesia Regional Yogyakarta, A Riyadi di Hotel Ruba Grha Yogyakarta, Rabu (12/8/2020). (FOTO: Pramesti Mutiara/TIMES Indonesia)
Ketua DPD PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono saat menerima audiensi General Manager TIMES Indonesia Regional Yogyakarta, A Riyadi di Hotel Ruba Grha Yogyakarta, Rabu (12/8/2020). (FOTO: Pramesti Mutiara/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Covid-19 membuat sektor pariwisata seperti hotel dan restoran di Yogyakarta terpukul. Nah, untuk memulihkannya, DPD Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia DI Yogyakarta (PHRI DIY) membuka peluang kolaborasi dengan lembaga mana pun, termasuk dengan TIMES Indonesia, media online berjejaring no 1 di Indonesia.

"Kami menyambut baik tawaran kerjasama TIMES Indonesia untuk bersama-sama memulihkan kepercayaan publik terhadap dunia pariwisata Jogja," kata Ketua DPD PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono saat menerima audiensi General Manager TIMES Indonesia Regional Yogyakarta, A Riyadi di Hotel Ruba Grha Yogyakarta, Rabu (12/8/2020).

Kepercayaan publik yang dimaksud adalah hotel, restoran, dan obyek wisata yang telah dibuka telah menerapkan standar protokol kesehatan yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia (WHO) dan pemerintah Indonesia.

Antara lain, menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala, tamu/wisatawan wajib menggunakan masker, cek suhu badan, dan rapid test/swab.

"Hotel dan restoran di Yogyakarta yang buka sudah menerapkan standar protokol kesehatan. Termasuk obyek wisata dan transportasi umum juga telah menerapkan standar protokol kesehatan," tandas Deddy.

Nah, di sini lah peran media sangat penting untuk membangun trust and branding. Apalagi, TIMES Indonesia memiliki kanal luar negeri berbahasa Inggris. Sehingga, informasi tentang hotel, restoran, obyek wisata, dan pendukung pariwisata lain di Jogja yang dipublikasikan tersebut dapat diketahui oleh wisatawan dalam dan luar negeri.

"PHRI butuh branding positif untuk DIY saat pandemi sekarang ini. Harus ditekankan bahwa DIY memiliki hotel-hotel yang sehat, bersih nyaman dan sesuai protokol kesehatan. Trust itu harus dibangun salah satunya dengan bantuan media seperti TIMES Indonesia dan jaringannya," tegas Deddy.

Dengan branding yang mengedepankan Jogja wajar anyar, pranata anyar, dan rukun Jogja. Maka, hal tersebut diyakini perekonomian khususnya untuk sektor perhotelan dan resto di Yogyakarta perlahan kembali bangkit.

Perlu diketahui bahwa saat ini hotel di Jogja hanya bisa membuka 50 persen dari jumlah kamar yang mereka punya. Tingkat hunian hotel di Jogja hanya berkisar 30 persen untuk hotel berbintang dan 5 - 10 persen untuk hotel-hotel yang belum berbintang.

"Angka yang menghawatirkan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sehingga, perlunya dukungan dan sinergi yang baik antara pelaku usaha, pemerintah, dibantu media untuk menghidupkan kembali geliat perekonomian," jelas Deddy.

General Manager TIMES Indonesia Regional Yogyakarta, A Riyadi mengatakan, TIMES Indonesia bersama jaringannya akan mendukung penuh upaya DPD PHRI DIY dalam rangka memulihkan perekonomian dan pariwisata di Yogyakarta.

Termasuk, mendukung organisasi/lembaga lain yang visi dan misinya sama yaitu memulihkan perekonomian seperti UMKM, dan sektor pariwisata. Menurutnya, sekarang era kolaborasi, kita tidak bisa jalan sendiri-sendiri dalam mengarungi pandemi Covid-19 dan memulihkan ekonomi.

"Kita harus berkolaborasi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Pemerintah tidak bisa jalan sendiri, pelaku usaha juga tidak bisa jalan sendiri, termasuk kami (TIMES Indonesia) sebagai media online publikasi juga harus berkolaborasi," tegasnya.

Ia menambahkan jika masyarakat umum juga harus selalu mentaati protokol kesehatan ke mana pun dan di mana pun berada. "Selalu pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak, dan lain sebagainya," jelas Amar, sapaan akrab A Riyadi saat audiensi TIMES Indonesia dengan Ketua DPD PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES