Peristiwa Nasional

Presiden RI Jokowi Minta Pramuka Buat 2 Gerakan Nasional saat Pandemi Covid-19

Rabu, 12 Agustus 2020 - 17:03 | 27.30k
Presiden RI Jokowi. (FOTO: Biro Pers Istana Kepresidenan).
Presiden RI Jokowi. (FOTO: Biro Pers Istana Kepresidenan).

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi memimpin upacara Peringatan Hari Pramuka ke-59 di Istana Negara, Jakarta. Dalam arahannya, dia mengingatkan agar anggota Pramuka terus meningkatkan kedisiplinan dan kepedulian terutama di era pandemi Covid-19 saat ini.

"Saya tahu dari sejak bernama Pandu, Pramuka Indonesia selalu mencetak generasi yang tangguh, tangguh menghadapi setiap tantangan, disiplin dalam bertindak, tidak gentar dalam menghadapi setiap rintangan. Selalu peduli, siap berkorban untuk sesama, dan di era pandemi Covid yang berat sekarang ini, jiwa dan karakter seperti itu yang kita butuhkan," ucap Jokowi, Rabu (12/8/2020).

Yang dimaksud disiplin di era pandemi menurut Jokowi adalah mengikuti aturan protokol kesehatan, misal memakai masker, rajin cuci tangan, dan juga jaga jarak. Jokowi juga meminta seluruh anggota Pramuka di Indonesia meningkatkan kepedulian juga.

"Di era pandemi Covid yang mengakibatkan krisis kesehatan, dan krisis ekonomi ini jiwa dan karakter seperti itulah yang kita butuhkan. Kita harus peduli terhadap masyarakat sekitar, peduli terhadap kepentingan bersama. Kita harus saling membantu dan bergotong royong menyelesaikan masalah bersama," tutur dia.

Jika disiplin dan kepedulian dijalankan dengan baik oleh anggota Pramuka dan seluruh rakyat di Tanah Air, Kepala Nsgara optimistis, bakal dapat menghambat laju penyebaran Covid-19 di Indonesia. Dia mengimbau masyarakat saling berbagi dan membantu antar sesama.

Salam kesempatan itu pula, Jokowi agar anggota Pramuka untuk membuat 2 gerakan nasional. Pertama gerakan kedisiplinan nasional untuk mengikuti protokol kesehatan. Kedua gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli, dan saling berbagi.

"Dua gerakan ini bukan hanya untuk membantu penanganan masalah nasional akibat pandemi (Covid-19), tapi 2 gerakan tadi akan semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan saudara-saudara dalam memperdalam jiwa Pramuka sejati, sebagaimana tertuang dalam Dwidharma, Trisatya, dan Dasa Dharma Pramuka," kata Presiden RI Jokowi di peringatan Hari Pramuka ke-59.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES