Pemerintahan Bondowoso Republik Kopi

Percepat Program Pengarusutamaan Gender, Pemkab Bondowoso Gandeng Sejumlah Ormas

Rabu, 12 Agustus 2020 - 16:21 | 45.50k
Penandatanganan kerja sama antara Pemkab Bondowoso dan sejumlah organisasi kemasyarakatan dan LSM untuk mempercepat pengarusutamaan gender. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Penandatanganan kerja sama antara Pemkab Bondowoso dan sejumlah organisasi kemasyarakatan dan LSM untuk mempercepat pengarusutamaan gender. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOPemkab Bondowoso, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB), mendatangani kerja sama dengan sejumlah Ormas dan LSM perempuan dan anak, untuk percepatan penerapan Program Pengarusutamaan Gender (PUG).

Penandatanganan MoU tersebut berlangsung di Peringgitan Pendapa Bupati Bondowoso, Rabu (12/8/2020).

Bupati Bondowoso melalui Plt. Kepala DPPKB, Awan Boedhyono mengatakan, PUG di Bondowoso memprioritaskan partisipasi semua gender.  

"PUG merupakan bagian strategi dalam merancang, dan melaksanakan pembangunan yang menyasar pada sektor kemiskinan, disabilitas dan masyarakat marjinal," katanya.

Menurutnya, pemerintah perlu lebih intensif lagi. Meskipun sudah dilaksanakan tapi secara substansinya juga harus dipikirkan. "Misalkan di lingkup pendidikan. Di situ juga ada disabilitas. Bagaimana kita memperlakukan mereka. Juga harus kita hargai sama dengan yang normal," paparnya. 

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Bondowoso, Farida mengatakan, bahwa tingginya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak harus segera dicarikan solusi  tepat.

"Untuk jangka pendek terkait program-program yang akan dilakukan. Jangka panjangnya, bagaimana meminimalisir dan tidak ada lagi kekerasan terhadap anak dan perempuan," katanya. 

Menurutnya, dalam pelaksanaan PUG sendiri terdapat 7 tahapan. Salah satunya harus ada Perda dan keterlibatan masyarakat. Adanya berkomitmen bersama organisasi masyarakat untuk ikut dalam pembangunan. 

"Terkait dengan kejadian-kejadian perempuan dan anak ini dalam proses tahap demi tahap kita menghadapi dan mencari solusi bersama," paparnya.

Selain Ormas dan LSM, kerja sama Pemkab Bondowoso untuk mempercepat Program Pengarusutamaan Gender, juga melibatkan CSR dari Perbankan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES