Peristiwa Nasional

Ini Cara Cepat Buat Akun Kartu Prakerja Gelombang 4

Rabu, 12 Agustus 2020 - 14:47 | 84.52k
Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4 telah dibuka sejak 8 Agustus 2020 di laman resmi prakerja.go.id. (Foto: Tangkapan Layar TIMES Indonesia)
Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4 telah dibuka sejak 8 Agustus 2020 di laman resmi prakerja.go.id. (Foto: Tangkapan Layar TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4 telah dibuka sejak 8 Agustus 2020 di laman resmi prakerja.go.id. Pada gelombang 4 ini, Kartu Prakerja dibuka untuk kuota 800.000 orang. 

Program kartu prakerja dari pemerintah RI ini diprioritaskan bagi orang-orang yang di-PHK dan dirumahkan, serta pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. 

Bagi yang ingin mendaftar Kartu Prakerja, berikut cara daftar dan alur program Kartu Prakerja gelombang 4 berdasarkan laman resminya. Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Jika persyaratan telah disiapkan, berikut tahapan pendaftaran Prakerja dengan membuat akun di prakerja.go.id: 

1. Masuk ke situs pendaftaran di https://www.prakerja.go.id. 
2. Masukkan nama lengkap, e-mail yang masih aktif dan kata sandi baru. 
3. Cek e-mail dari Panitia Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail. 
4. Setelah konfirmasi akun e-mail berhasil, kembali ke situs prakerja.go.id. 

Setelah membuat akun, berikut cara daftar program Kartu Prakerja: 
1. Login akun yang sudah didaftar dengan Klik Daftar Kartu Prakerja. 
2. Isi formulir pendaftaran (nama, e-mail, alamt tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP dan foto selfie dengan KTP). 
3. Klik Selanjutnya. 4. Masukkan nomor telepon yang masih aktif dan kode OTP yang dikirim melalui SMS 
4. Lakukan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Siapkan alat tulis dan kerja bila diperlukan. 
5. Tunggu e-mail pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes. 
6. Setelah mendapat e-mail pemberitahuan, kembali ke situs dan gabung ke gelombang pendaftaran. 

Sebagai catatan, pelamar harus lolos beberapa layer verifikasi data, mulai dari verifikasi email, nomor ponsel, NIK, usia, riwayat pendidikan, sampai facial recognition melalui foto selfie yang telah dilakukan masing-masing peserta. Pastikan data dan syarat swafoto sudah sesuai dengan imbauan dari tim penyelenggara Program Kartu Prakerja. Cara Buat Rekening untuk Prakerja Rekening pada Kartu Prakerja memiliki peranan yang sangat penting untuk menerima insentif. Sebagai Peserta Kartu Prakerja, Anda wajib memiliki rekening bank atau E-Wallet yang tersambung dengan akun Kartu Prakerja. 

Kemudian, Berikut cara menyambungkan rekening bank atau E-Wallet dan juga cara merubah rekening bank atau E-Wallet yang telah di daftarkan pada akun Prakerja? Berikut ini cara agar E-Wallet tersambung dengan akun Kartu Prakerja Anda. 

1. Pilih Sambung Sekarang pada dashboard utama Anda. 
2. Pilih Rekening yang akan disambungkan. Jika Anda memilih BNI isi informasi tambahan dengan benar lalu pilih Sambungkan. 
3. Jika memilih E-Wallet, cek Nomor HP dan Pilih “Aktifkan LinkAja”. 4. Jika memilih Bank BNI, cek informasi rekening dan Pilih Konfirmasi. 
5. Jika Anda memilih E-Wallet, masukkan OTP yang telah dikirimkan melalui SMS. 
6. Jika memilih E-Wallet, Masukan Kode Keamanan E-Wallet. 
7. Selamat! E-Wallet Anda telah tersambung di akun Kartu Prakerja. 

Cara Memutuskan E-Wallet ke Akun Kartu Prakerja 
1. Pilih Atur pada dashboard pada bagian Rekening. 
2. Cek nomer dan status Rekening Anda dan Pilih Putuskan Rekening. 
3. Baca informasi pada tampilan dan Pilih Putuskan Rekening. 
4. Selamat! Anda telah berhasil memutuskan E-Wallet kamu.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, besaran nilai insentif yang akan diberikan masih sama dengan yang ditetapkan pada gelombang-gelombang selanjutnya, yakni sebesar Rp 3,55 juta. Secara lebih rinci, insentif tersebut terdiri atas voucer Rp 1 juta untuk membeli pelatihan yang ditawarkan Ruangguru, Tokopedia, Bukalapak, Belajar Apa, Pintaria, Sekolahmu, Pikar Mahir, dan Sisnaker. 

Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 2,4 juta yang masing-masing besarannya Rp 600.000 per bulan. Kemudian, peserta juga akan mendapatkan insentif dari pengisian survei sebesar Rp 150.000 untuk tiga kali survei program Kartu Prakerja gelombang 4. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES