Peristiwa Nasional

Riset Kesehatan Dasar 2018: Inisiasi Menyusui Dini Baru Capai 58,2 Persen

Rabu, 12 Agustus 2020 - 11:24 | 22.92k
Menkes RI Terawan Agus Putranto. (FOTO: Pinter Politik)
Menkes RI Terawan Agus Putranto. (FOTO: Pinter Politik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes RI) Terawan Agus Putranto mengatakan Data Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018, inisiasi menyusui dini (IMD) baru mencapai 58,2 persen.

Survei Data dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2017 juga menunjukkan jumlah bayi berusia kurang dari enam bulan yang mendapatkan ASI eksklusif baru 52 persen.

“Cakupan IMD dan ASI eksklusif ini harus terus kita tingkatkan,” ucap Menkes RI Terawan dalam webinar bertajuk 'Pekan Menyusui Sedunia' dari Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Pekan Menyusui Sedunia merupakan kampanye internasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menyusui secara eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan anak.

Kampanye global tersebut pertama kali digaungkan oleh World Alliance Breastfeeding Association (WABA) bekerja sama dengan WHO dan Dana Anak-anak PBB atau United Nations Children’s Fund (UNICEF) pada 1992. Pekan Menyusui Sedunia kemudian diperingati setiap pekan pertama pada bulan Agustus.

Tema global yang diusung dalam Pekan Menyusui Sedunia 2020 adalah “Dukung Pemberian ASI untuk Bumi yang Lebih Sehat”, sedangkan subtema yang ditetapkan Indonesia adalah “InvestASI Indonesia untuk Bumi yang Lebih Sehat”. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES