Ekonomi

PT Indonesia Digital Identity Luncurkan Produk Tanda Tangan Elektronik 

Rabu, 12 Agustus 2020 - 09:11 | 197.51k
Salah satu produk andalan PT Indonesia Digital Identity (VIDA) tanda tangan secara elektronik. (foto: Antara)
Salah satu produk andalan PT Indonesia Digital Identity (VIDA) tanda tangan secara elektronik. (foto: Antara)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktur PT Indonesia Digital Identity (VIDA), Sati Rasuanto menyampaikan tanda tangan elektornik atau digital bisa menjadi solusi transaksi di masa normal baru pandemi covid-19.

Menurut Sati, tanda tangan elektronik biasanya selalu menghadirkan konsep low touch economy atau minim sentuhan sehingga tingkat keamanannya bisa dijamin.

"Tanda tangan elektronik adalah tanda tangan yang terdiri dari informasi elektronik yang dilampirkan, ditautkan, atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan otentikasi," ujar Sati dikutip dari kantor berita Antara di Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Dia menambahkan, tanda tangan elektronik ini sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis maupun perkantoran. Sehingga dia mendorong semua pihak menyadari itu.

"Kehadiran tanda tangan elektronik yang aman tidak dapat dihindari lagi. Hal ini telah menjadi kebutuhan untuk bertransaksi pada masa normal baru sekarang," imbuhnya.

PT Indonesia Digital Identity (VIDA) tercatat sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik sehingga memiliki otoritas untuk menerima pendaftaran, memverifikasi dan menerbitkan sertifikat dan tanda tangan elektronik.

Artinya, tanda tangan elektronik yang diterbitkan VIDA memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena telah bersertifikasi, bersifat unik, melekat pada satu identitas yang terverifikasi, serta memiliki kekuatan hukum yang sah.

Data dan informasi yang diperoleh selama proses penerbitan tanda tangan elektronik kemudian dikelola oleh sistem informasi yang aman sesuai dengan standar internasional ISO 27001.

Seluruh isi dokumen dilindungi dengan menggunakan kriptografi, dan hanya dapat diakses oleh pengguna melalui verifikasi identitas VIDA yaitu proses validasi identitas seseorang berdasarkan sumber data yang terpercaya.

VIDA menggunakan verifikasi biometrik berupa pengenalan wajah, untuk memvalidasi identitas. Dari hasil verifikasi tersebut, VIDA menerbitkan sertifikat elektronik (sesuai dengan Peraturan Kominfo No. 11/2018 tentang Penyelenggara Sertifikasi Elektronik).

"Dalam situasi dan kondisi dunia usaha saat ini, sudah saatnya masyarakat dan sektor bisnis cepat beradaptasi dan memperhatikan masalah keamanan dan privasi informasi dan identitas digital, termasuk penggunaan tanda tangan elektronik yang aman dan terpercaya," kata Sati Rasuanto Direktur PT Indonesia Digital Identity (VIDA). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES