Peristiwa Daerah

Salurkan Sembako untuk Tuna Netra, Bank Bukopin Syariah Gandeng Lazismu

Selasa, 11 Agustus 2020 - 22:40 | 29.09k
Secara simbolis Manager Program Lazismu Pusat Lazismu, Falhan Nian Akbar menyerahkan paket sembako kepada perwakilan Pertuni DKI Jakarata. (FOTO: Lazismu for TIMES Indonesia)
Secara simbolis Manager Program Lazismu Pusat Lazismu, Falhan Nian Akbar menyerahkan paket sembako kepada perwakilan Pertuni DKI Jakarata. (FOTO: Lazismu for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTALazismu bersama Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) menggelar acara bertajuk penyaluran bantuan paket sembako kepada penyandang disabilitas, khususnya tuna netra. Secara simbolis bantuan paket sembako diserahkan Manager Program Lazismu Pusat, Falhan Nian Akbar kepada penyandang tuna netra yang diwakili oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pertuni, Kramat Sentiong, Jakarta.

Paket sembako yang akan dibagikan kepada anggota Pertuni ada sebanyak 30 paket sembako. Anggota Pertuni sendiri ada sekitar tiga ribuan se-Indonesia yang membutuhkan perhatian.

Manager Program Lazismu Pusat Lazismu, Falhan Nian Akbar mengajak semua pihak bersama-sama membantu mereka yang terdampak. “Terima kasih juga untuk para donatur khususnya bank Bukopin Syariah dalam bentuk sembako,” kata Falhan.

Falhan menambahkan, dampak pandemi Covid-19 tak hanya menyasar para pekerja di sektor formal dan informal. Di luar itu, para penyandang disabilitas terutama mereka yang tuna netra merasakan betul dampaknya.

“Para penyandang tuna netra ini berprofesi sebagai penyedia jasa pijat,” jelas Falhan dalam siaran pers kepada TIMES Indonesia, Selasa (11/8/2020).

Karena itu, Lazismu juga memberikan beberapa paket cairan pembersih tangan berupa hand sanitizer yang sangat dibutuhkan kawan-kawan tuna netra. Saat pandemi, lanjut Falhan, jasa pijat kian sepi karena protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

Maka, melalui organisasi penyandang disabilitas, terutama melalui Pertuni, Lazismu berkolaborasi untuk memberikan bantuan kepada mereka sebagai penerima manfaat.

Ketua III DPP Pertuni yang juga Ketua Pertuni DKI, Eka Setiawan menyampaikan terima kasih kepada Lazismu dan seluruh donatur. Bantuan untuk anggota Pertuni wilayah DKI Jakarta diwakili pengurus.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi anggota pertuni, mereka rata-rata terdampak dampak Covid-19, maka mewakili teman-teman sekali lagi kami mengucapkan terima kasih dan sangat bermanfaat buat kami,” terang Eka Setiawan.

Eka menggambarkan, bahwa untuk di DKI Jakarta, kira-kira ada 700 lebih penyandang disabilitas tuna netra. Mereka tersebar di wilayah-wilayah yang ada di Jakarta. Usia mereka ada yang 17 tahun atau sudah menikah. Pekerjaan mereka sehari-hari sebagai pemijat, dan ada juga yang berkuliah meski jumlahnya dapat dihitung.

“Protokol kesehatan yang dicanangkan pemerintah melalui jaga jarak sosial dan fisik berakibat pada berhentinya tuna netra sebagai pemijat. Akhirnya kemampuan untuk menghasilkan daya sosial dan ekonomi mereka turut memengaruhi kehidupan sehari-hari mereka untuk memenuhi kebutuha,” ungkapnya.

Eka berharap masyarakat dapat berpartisipasi melakukan pendampingan jika bertemu mereka di mana pun berada. Adapun Pertuni, lanjut Eka, hanya sebatas wadah organisasi yang berupaya memfasilitasi mereka untuk berbagi informasi.

“Termasuk informasi perkembangan Covid-19 misalnya, kita berbagi info dari tuna netra ke tuna netra. Intinya saling berbagi info,” terang Eka disela-sela penyerahan paket sembako dari Lazismu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES