Pendidikan

Internet Untuk Indonesia, Program Telkom Regional V Bantu Siswa Terdampak

Selasa, 11 Agustus 2020 - 12:30 | 36.10k
Pontjo Suharwono (kanan) saat menunjukkan gadget yang sudah tetkumpul dari donatur untuk disumbangkan (FOTO: Inntan Wulandari / TIMES Indonesia)
Pontjo Suharwono (kanan) saat menunjukkan gadget yang sudah tetkumpul dari donatur untuk disumbangkan (FOTO: Inntan Wulandari / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAInternet Untuk Indonesia, sebuah program baru persembahan dari Telkom Regional V Jatim Balnus, dengan upaya membantu siswa-siswa yang terdampak atau memiliki kendala saat pelaksanaan sekolah daring.

Executive Vice President (EVP), Ponjto Suharwono mengatakan, program ini merupakan bentuk ajakan Telkom Regional V Jatim Balnus kepada masyarakat yang kerap kali sering membeli gadget untuk disumbangkan kepada siswa-siswa yang terkendala dalam proses belajar secara daring.

"Kami menggugah nurani seluruh masyarakat yang punya gadget lebih dan yang masih bisa dipakai untuk didonasikan kepada siswa-siswa yang membutuhkan," ungkap Pontjo saat ditemui TIMES Indonesia, Selasa (11/8/2020).

Lanjutnya, program ini sudah berjalan sejak, Rabu (15/7/2020) dan akan berakhir, Senin (28/9/2020) yang bertepatan dengan peringatan Hari Bhakti Postel.

Sedekah-Gadget.jpg

"Ide ini muncul pada tanggal 15 Juli lalu, selama ini kami seminggu sekali sudah menyebar gadget yang telah kami terima dari donatur. Kamudian nanti kami dokumentasikan sebagai bukti bahwa gadget sudah diterima di tangan yang membutuhkan," jelas Pontjo.

Adapun standartisasi gadget yang boleh didonasikan yaitu yang paling penting fitur wifi masih bisa berfungsi. "Yang penting masih layak untuk dipakai dan wifi bisa digunakan. Kalau tidak ada charger nanti kami usahakan carikan sebelum sampai ke tangan penerima," ujar Pontjo.

Tak hanya itu, gadget yang baru dan masih bersegel juga akan diterima oleh Telkom Regional V untuk disumbangkan ke siswa-siswa terdampak. "Yang kondisi baru kami tidak berani untuk cek keadaannya karena masig bersegel. Kalau yang bekas kami cek terlebih dahulu," urai Pontjo.

Pontjo mengaku, ide ini didapatkan karena melihat realita saat ini yaitu masih banyak siswa yang terkendala dalam menjalankan sekolah daring. Terlebih akibat dampak Covid-19, banyak masyarakat yang terdampak dari sehi ekonomi. Sehingga tidak semua orang tua mampu membelikan anaknya gadget.

"Di kondisi seperti ini banyak yang terdampak, salah satunya orang tua siswa. Mereka pasti bingung untuk mendapatkan uang untuk beli gadget anaknya ini. Maka dari itu semoga program ini dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," ujar Pontjo menjelaskan lebih lanjut tentang program Internet Untuk Indonesia yang dipersembahkan Telkom Regional V Jatim Balnus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES