Indonesia Positif

Tas Tali Kur Karya Sri Wahyuti Warga Karanglo Kidul Ponorogo Tembus Pasar Nasional

Selasa, 11 Agustus 2020 - 12:11 | 296.10k
Tas berbahan tali kur karya Sri Wahyuti warga Karanglo Kidul Ponorogo yang tembus pasar nasional. (Foto: Khoirul Nizam Muhammad/TIMES Indonesia)
Tas berbahan tali kur karya Sri Wahyuti warga Karanglo Kidul Ponorogo yang tembus pasar nasional. (Foto: Khoirul Nizam Muhammad/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Ketelatenan Sri Wahyuti, warga Dukuh Demangan RT 01/02 Desa Karanglo Kidul, Kecamatan Jambon, Ponorgo membuahkan hasil. Kerajinan tangan yang dia geluti sejak 2013 kini sukses menembus pasar nasional alias terjual ke berbagai daerah. Ya, Sri Wahyuti berkarya membuat tas aneka ukuran dari bahan tali kur.

Sri menjelaskan, kerajinan tangan yang dia geluti berawal dari belajar ke temen karibnya. Setelah mahir, dia memberanikan diri membuka usaha sendiri di rumah, di sela-sela mengurus keluarganya.

Tas--tali-kur-Ponorogo.jpg

“Awalnya membuat tas untuk kebutuhan sendiri agar tidak beli. Terus, saya tekuni sampai bisa menjual ke teman, dan hingga sekarang sampai akhirnya bisa menjual tas ke berbagai daerah, sampai ada yang dipesan dari teman di luar negeri,” katanya kepada TIMES Indonesia, Selasa (11/8/2020).

Dalam sehari, dia bisa menyelesaikan dua hingga tiga tas, tergantung motif. Jika order membeludak, dia bisa merampungkan tas tali kur hingga lima buah. Harga jualnya Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu menyesuaikan motifnya. Saat ini omzet per bulan sudah lebih dari Rp 2,5 juta.

“Jenis tas yang saya buat mulai tas pinggang, dompet handphone, tas pesta, dan lainnya. Semuanya berbahan tali kur. Selain tas, saya juga menyediakan perlengkapan atau aksesoris tas," tutur perempuan berusia 35 tahun itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-14 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES