Peristiwa Daerah

Berharap Izin Dilonggarkan, Pekerja Seni Gresik Kembali Turun ke Jalan

Senin, 10 Agustus 2020 - 21:12 | 46.07k
Pekerja seni Gresik saat demo di depan DPRD Gresik. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Pekerja seni Gresik saat demo di depan DPRD Gresik. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Ribuan pekerja seni di Kabupaten Gresik Jawa Timur kembali turun jalan menyuarakan aksi. Mereka menuntuk agar izin keramaian segera dibuka di tengah era new normal yang digaungkan pemerintah.

Dalam aksi yang kedua kalinya ini, massa aksi membawa puluhan mobil komando lengkap dengan sound sistem berukuran besar. Mereka berorasi secara bergilir menyuarakan tuntutannya.

Setelah berorasi, perwakilan massa aksi diterima oleh wakil rakyat. Mereka diterima Ketua DPRD Gresik Fandi Akhmad Yani dan anggota Komisi IV yang membidangi kesejahteraan masyarakat.

Di depan perwakilan massa aksi, Gus Yani - sapaan akrabnya, menyampaikan siap memperjuangkan para pekerja seni yang memang tidak bisa bekerja saat wabah pandemi Covid-19.

Ia pun mengerti bahwa kondisi pandemi ini sangat berdampak pada sektor ekonomi salah satunya para pekerja seni. Untuk itu, menuju tatanan new normal. "Kita akan terus memperjuangkan agar izin keramaian segera dibuka, tentu dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Gus Yani, Senin (10/8/2020).

Hasil audiensi, legislatif menyepakati untuk membuka kembali izin keramaian di era new normal dengan menerapkan protokol kesehatan. "Untuk teknis penerapan protokolnya nanti akan kita koordinasikan dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Gresik dan pihak-pihak terkait," terang Gus Yani.

Sementara itu, Korlap aksi, Erno Styo Utomo mengatakan para pekerja seni sudah lama menunggu izin kembali dibuka. Sebab, selama pandemi Covid-19 berlangsung, ekonomi mereka sangat terpuruk.

"Kita sudah lama menunggu respon dari pemerintah sejak penerapan new normal. Namun sampai saat ini masih saja belum di izinkan, kami para pekerja seni selama pandemi banyak yang menganggur tidak bekerja," ungkap dia.

Di era new normal, kata dia para pekerja seni siap menerapkan protokol kesehatan. Lebih dari itu, mereka siap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

"Kita siap menerapkan protokol kesehatan jika memang sudah diizinkan menggelar kegiatan. Bahkan, kita siap berkoordinasi dengan pihak berwajib," jelas salah satu pekerja seni di Kabupaten Gresik ini usai turun jalan di depan kantor wakil rakyat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES