Peristiwa Daerah

Pasca Trailer Terobos Jalan Kabupaten, Dinas Perhubungan Gresik Langsung Pasang Rambu

Senin, 10 Agustus 2020 - 21:01 | 21.91k
Dishub Gresik saat memasang rambu lalu lintas (Foto: Kadishub Gresik for TIMES Indonesia)
Dishub Gresik saat memasang rambu lalu lintas (Foto: Kadishub Gresik for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Pasca truk trailer menerobos jalan kabupaten, Dinas Perhubungan Gresik langsung memasang rambu lalu lintas tambahan yang menunjukkan jika jalan tersebut merupakan kelas III. Efektifkah?

Sebagaimana informasi sebelumnya, beberapa hari yang lalu sebuah iring-iringan truk trailer mengangkut lempengan plat baja yang diduga dikirim ke pabrik galangan kapal di wilayah pesisir Kecamatan Ujungpangkah. 

Kendaraan besar diatas 8 Ton itu menerobos jalan kelas III (Jalan Kabupaten) mulai dari Desa Sekapuk, Gosari, Banyuurip hingga Ngemboh. Anehnya, hal itu dilakukan pada malam hingga dini hari.

Kepala Dinas Perhubungan Nanang Setiawan mengatakan pihaknya menambah satu rambu lalu lintas yang tepat berada di gapura Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah. 

"Ashar tadi mulai dikerjakan," katanya, Senin (10/8/2020) sore.

Nanang menambahkan, penambahan rambu lalu lintas itu diharapkan efektif. Para sopir kendaraan khususnya yang tonase berat harus mentaati peraturan.

Sesuai aturan, klasifikasi jalan kabupaten diperuntukkan kendaraan kelas III yang bersumbu dua dengan beban maksimal 8 Ton. Sedangkan trailer tersebut termasuk memiliki sumbu empat. 

"Pengguna lalu lintas mematuhi rambu tersebut," terang mantan Kabag Umum Pemkab Gresik ini menambahkan.

Perihal adanya truk trailer yang menerobos jalan yang tak semestinya, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto mengatakan akan melakukan kroscek lebih lanjut.

Setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut dikatakan Kapolres Arief, jika memang ditemukan pelanggaran maka akan dilakukan penindakan sesuai undang-undang.

"Kami cek ke lapangan terlebih dahulu ya. Segera kami cek ke lokasi. Kalau memang ditemukan pelanggaran akan kami lakukan penindakan," imbuh Kapolres.

Sementara untuk meminimalisir adanya truk trailer berukuran besar terobos jalan kabupaten, Dinas Perhubungan Gresik langsung melakukan penambahan rambu lalu lintas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES