Kesehatan

Bahaya, Jangan Turunkan Masker di Dagu atau Leher saat Makan Minum

Selasa, 11 Agustus 2020 - 04:28 | 137.02k
Ilustrasi - Tips memakai masker yang benar (FOTO: pexels)
Ilustrasi - Tips memakai masker yang benar (FOTO: pexels)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Pada era Adaptasi Kebiasaan Baru di tengah Pandemi Covid-19, memakai masker saat berada di luar rumah menjadi hal yang wajib dilaksanakan oleh seluruh masyarakat. Hal itu untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak meluas.

Namun demikian, hingga saat ini banyak kalangan masyarakat yang masih belum mengerti bagaimana cara penggunaan masker yang benar dan tepat saat sedang makan atau minum. Tidak sedikit masyarakat yang terlihat masih menurunkan masker mereka ke dagu hingga ke leher.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyah menyampaikan, masker yang diturunkan di dagu membuat pemakaian masker tidak efektif. Sebab dagu adalah area yang memungkinkan terpapar virus.

Endah-Nurul-Komariyati.jpgSekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyah, Senin, (10/08/2020)(Foto: Achmad Choirudin/TIMES Indonesia)

"Ketika masker diturunkan maka masker bagian dalam (area bersih) yang bersentuhan dengan dagu menjadi terpapar. Ketika masker kembali dipasang di mulut hidung, maka sama dengan memindahkan virus dari dagu ke hidung atau mulut," beber Endah.

Dijelaskannya, saat makan atau minum, hendaknya masker dilepas dengan cara yang benar. Yaitu melepasnya dengan memegang tali masker dan memperhatikan area dalam serta luar. Kemudian sesama area bersih dilipat dan dibunkus dalam tissue. 

"Setelah selesai makan baru dipasang lagi dengan tetap memberhasilkan area bersih dan kotor tidak tertukar. Dan jangan lupa kalo pas melepas harus menjauh dari orang lain," jelas Endah.

Endah mengimbau agar masyarakat memperhatikan tata cara penggunaan atau pemakaian masker yang baik dan benar.  Sehingga risiko penularan Covid-19 bisa ditekan dengan maksimal. (*)

Edisi-Selasa-11-Agustus-2020-Turunkan-Masker-di-Dagu.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES