Gaya Hidup

Google Indonesia Berbagi Tips Menjaga Keamanan Jejak Digital

Senin, 10 Agustus 2020 - 15:51 | 31.90k
Ilustrasi. (FOTO: Bisnis).
Ilustrasi. (FOTO: Bisnis).

TIMESINDONESIA, JAKARTAGoogle Indonesia terus berupaya memberikan perlindungan jejak digital bagi pemilik data. Setidaknya, ada lima tips untuk menjaga keamanan jejak digital sekaligus memberikan dampak positif bagi pemilik data.

Demikian disampaikan Manajer Hubungan Pemerintahan dan Kebijakan Publik Google Indonesia Danny Ardianto saat menjadi pembicara dalam webinar yang digelar Siberkreasi bertajuk 'Jejak Digital dalam Dunia Maya', Senin (10/8/2020).

Kelima tips tersebut meliputi: pertama, pintar dalam menggunakan internet, termasuk di dalamnya yaitu memikirkan ulang apa yang akan diunggah ke media sosial agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

"Jangan sampai jejak digital berdampak buruk untuk kita, keluarga kita karena dunia digital sama dengan dunia nyata, apa yang kita lakukan akan berdampak," ucap Danny.

Ia pun menyarankan tidak mengunggah informasi sensitif seperti nomor KTP, PIN, kata sandi, alamat rumah, nomor telepon dan tanda tangan.

Tips kedua, pengguna harus waspada, terutama mengenai unggahan yang berpotensi membahayakan, salah satunya scam.

Ketiga pengguna harus kuat, dalam hal keamanan. Pastikan membuat kata kunci yang kuat dan tidak membagikannya ke orang lain.

Pengguna juga disarankan mengaktifkan verifikasi dua langkah, two-step verification, sehingga ketika ada aktivitas yang mencurigakan, misalnya masuk dari perangkat yang tidak biasa digunakan, Google akan mengirim kode keamanan tambahan.

Tips keempat, masih kata Danny, bijak berinternet dan tidak mudah terpancing konten negatif, apalagi menyebarkannya.

Terakhir, Danny menyarankan untuk berani, yaitu berani bertanya kepada orang yang lebih paham atau mencari referensi lain ketika mendapatkan informasi yang diragukan kebenarannya.

Sejauh ini, lanjut Danny, Google Indonesia terus memberikan pemahaman terkait keamanan jejak digital yang dikumpulkan platform dan juga jejak yang harus dilindungi, termasuk oleh pemilik data. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES