Peristiwa Daerah

Truk Trailer Terobos Jalan Kabupaten, Aparat Gresik Diminta Tegas

Senin, 10 Agustus 2020 - 09:11 | 131.84k
Truk triler mengangkut lempengan baja saat hendak melintas di jalan kabupaten Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia).
Truk triler mengangkut lempengan baja saat hendak melintas di jalan kabupaten Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Banyaknya kendaraan besar khususnya truk trailer di Kabupaten Gresik, Jawa Timur tak mematuhi kelas jalan. Padahal, sudah ada rambu lalu lintas. Aparat terkait diminta tegas karena sangat menganggu kenyamanan warga saat berkendara di jalan kabupaten yang tentunya sempit. 

Seperti beberapa hari yang lalu, sebuah iring-iringan truk trailer mengangkut lempengan plat besi baja yang diduga dikirim ke pabrik galangan kapal di wilayah pesisir Kecamatan Ujungpangkah. 

Kendaraan besar diatas 8 Ton itu menerobos jalan kelas III (Jalan Kabupaten) mulai dari Desa Sekapuk, Gosari, Banyuurip hingga Ngemboh. Anehnya, hal itu dilakukan pada malam hingga dini hari.

“Saya sangat menyayangkan masuknya truk-truk besar yang memang bukan kelasnya dilewati. Saya berharap pihak berwenang bertindak tegas, jangan sampai warga yang turun tangan," kata Kades Sekapuk, Abdul Halim Senin (10/8/2020).

Sesuai aturan, klasifikasi jalan kabupaten diperuntukkan kendaraan kelas III yang bersumbu dua dengan beban Maksimal 8 Ton. Sedangkan trailer tersebut termasuk memiliki sumbu empat. 

"Sehingga memang dilarang masuk sesuai dengan rambu lalulintas yang terpasang di pertigaan Pasar Sekapuk. Apalagi sudah ada rambu tonase maksimal 8 ton," kata Kepala Dinas Perhubungan Gresik Nanang Setiawan.

Soal penindakan, Nanang menjelaskan instansinya tak memiliki wewenang penuh terhadap pelanggaran lalu lintas. Namun, ia berjanji akan berkoordinasi dengan Satlantas Polres Gresik.

"Dishub tidak punya kewenangan melakukan tindakan terhadap pelanggaran lalu lintas. Dishub kalau mengadakan operasi di jalan raya harus bersama denga Satlantas," imbuhnya.

Sementara itu, Kanit Turjawali Satlantas Polres Gresik Ipda Darwoyo baru tahu atas informasi adanya truk triler yang melintas di jalan kelas tiga (kabupaten) wilayah Ujungpangkah.

"Kita krosecek dulu," imbuhnya menaggapi banyak kendaraan truk trailer melintasi jalan kabupaten di Kecamatan Ujungpangkah Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES