Glutera News

Waspadai 10 Jenis Kanker yang Sering Mengancam Anak

Senin, 10 Agustus 2020 - 08:33 | 39.44k
Waspadai 10 Jenis Kanker yang Sering Mengancam Anak
(FOTO: Glutera.com)
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kanker sering kali dianggap penyakit yang hanya menimpa orang dewasa. Padahal, anak-anak, bahkan sejak lahir pun bisa terkena kanker. Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab kanker pada anak. Bahkan sekarang ini di dunia dikatakan, setiap 3 menit satu anak didiagnois kanker. Jadi dalam satu jam ada 20 anak (terdeteksi kanker).

Ada beberapa jenis kanker yang sering menyerang anak-anak. Kanker pada anak sering kali tidak terdeteksi sejak dini karena anak-anak kadang sulit menyampaikan keluhan yang dirasakannya. Oleh karena itu, orang tua perlu mengenali apa saja jenis kanker yang sering menyerang anak, berikut gejalanya.

Kanker-2.jpg

Kanker merupakan penyakit berbahaya yang dapat menyerang siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Kanker bahkan juga bisa menyerang janin yang masih berada di dalam kandungan.

Berbeda dengan kanker pada orang dewasa yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penyakit tertentu, pola hidup tidak sehat, dan faktor lingkungan, kanker pada anak cenderung lebih banyak disebabkan oleh kelainan genetik atau faktor keturunan.

Kanker-3.jpg

Jenis-jenis Kanker yang Sering Menyerang Anak dan Gejalanya

Sebagian besar kasus kanker pada anak baru terdeteksi ketika sudah memasuki tahap akhir atau stadium lanjut. Padahal, peluang sembuh akan semakin tinggi jika kanker berhasil terdeteksi sejak awal dan ditangani sejak dini.

Salah satu penyebab mengapa kanker pada anak sering kali terlambat terdeteksi adalah karena kurangnya informasi dan pengetahuan orang tua mengenai penyakit kanker pada anak-anak.

Kanker-4.jpg

Oleh karena itu, penting bagi para orang tua untuk mengetahui beberapa jenis kanker yang lebih sering muncul pada anak-anak beserta tanda dan gejalanya. Berikut ini adalah beberapa jenis kanker yang sering menyerang anak. 

1. Leukemia

Leukemia atau kanker darah adalah jenis kanker yang paling banyak dialami oleh anak-anak di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Dari semua jenis kanker yang menyerang anak, 28 persennya adalah leukemia. Jenis leukemia yang paling banyak terjadi pada anak-anak adalah leukemia limfositik akut dan leukemia mieloid akut.

Leukemia pada anak-anak dapat dikenali dari beberapa gejala berikut ini:
• Sering lemas, cepat lelah, dan lebih rewel
• Kurang nafsu makan
• Berat badan anak berkurang drastis
• Mudah memar, mimisan, atau gusi sering berdarah
• Sering sakit atau terkena infeksi
• Demam berkepanjangan
• Pembengkakan kelenjar getah bening
• Nyeri tulang dan sendi

2. Retinoblastoma

Retinoblastoma adalah kanker yang menyerang retina pada mata. Kanker ini sering dijumpai pada anak usia di bawah 5 tahun. Di Indonesia, kanker ini berada di urutan kedua dari jenis kanker yang sering menyerang anak setelah kanker darah.

Salah satu gejala awal dan khas dari retinoblastoma adalah munculnya “mata kucing”, yaitu kondisi ketika pupil mata anak tampak putih mengkilap saat matanya terkena cahaya.

Selain itu, retinoblastoma juga menimbulkan beberapa gejala lain, seperti mata merah dan bengkak yang tak kunjung membaik, mata juling, salah satu atau kedua bola mata anak membesar, atau anak mengeluh penglihatannya buram.

3. Kanker otak

Kanker otak juga termasuk dalam salah satu jenis kanker yang sering menyerang anak. Diperkirakan sekitar 25% kasus penyakit kanker pada anak merupakan kanker otak. Gejala kanker otak pada anak bisa berbeda-beda, tergantung ukuran, letak, dan tingkat perkembangan sel kanker atau stadium kanker.

Beberapa gejala kanker otak yang sering terjadi pada anak meliputi sakit kepala berulang, mual dan muntah, pandangan kabur, pusing, kejang, serta kelemahan atau kelumpuhan pada anggota gerak tubuh.

4. Neuroblastoma

Neuroblastoma merupakan kanker pada jaringan saraf yang sering menyerang anak usia di bawah 5 tahun, terutama anak laki-laki. Kanker langka ini dapat menyebar dengan cepat ke organ lain, seperti kelenjar getah bening, tulang, sumsum tulang, hati, dan kulit.

Gejala neuroblastoma bisa bermacam-macam, tergantung bagian tubuh yang terserang. Jika menyerang daerah perut, gejalanya bisa berupa nyeri perut, sembelit, perut membengkak, selera makan berkurang, dan penurunan berat badan.

Bila neuroblastoma menyerang saraf tulang belakang anak, kanker ini bisa menyebabkan anak mengalami kelemahan anggota gerak, mati rasa, atau bahkan kelumpuhan.

Jika muncul di dada, neuroblastoma dapat menimbulkan gejala berupa nyeri dada serta sesak napas disertai mengi. Neuroblastoma yang muncul di otak bisa menyebabkan gejala berupa gangguan penglihatan, pupil mata tambak besar atau kecil sebelah, kelopak mata menurun, serta sakit kepala dan kejang.

5. Limfoma

Limfoma adalah nama lain dari  kanker kelenjar getah bening. Ada dua jenis linfoma, yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin. Keduanya sama-sama sering menyerang anak, terutama anak berusia lebih dari 5 tahun.

Secara umum, limfoma ditandai dengan munculnya benjolan di beberapa bagian tubuh, seperti leher, ketiak, atau selangkangan akibat pembengkakan kelenjar getah bening. Gejala lainnya bisa berupa demam, gatal-gatal, sesak napas, cepat lelah, batuk, berkeringat di malam hari, dan berat badan turun drastis.

6. Kanker tulang

Osteosarkoma adalah salah satu jenis kanker tulang pada anak yang sering terjadi, terutama di usia remaja. Gejalanya berupa nyeri tulang saat malam hari atau saat beraktivitas.

Seiring waktu, rasa nyeri disertai dengan pembengkakan di area tulang yang terkena kanker dan terasa sakit jika disentuh, sehingga membuat anak sulit bergerak. Osteosarkoma juga ditandai dengan rapuhnya tulang yang membuat anak rentan mengalami patah tulang tanpa sebab yang jelas saat beraktivitas.

Selain osterosarkoma, jenis kanker tulang yang cukup sering menyerang anak adalah sarkoma Ewing. Gejala sarkoma Ewing pada anak hampir serupa dengan osteosarkoma, yaitu demam tinggi, lemas, mudah lelah, dan berat badan anak berkurang secara drastis.

7. Kanker nasofaring

Kanker nasofaring pada anak lebih umum terjadi menjelang usia remaja dan jarang terjadi pada anak di bawah usia 14 tahun.

Kanker nasofaring pada anak dapat menimbulkan gejala, seperti munculnya benjolan di leher akibat pembengkakan kelenjar getah bening, hidung tersumbat terus-menerus, sering mimisan, telinga berdengung, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan gangguan pendengaran atau tuli pada salah satu telinga.

8. Tumor Wilms

Tumor Wilms atau nefroblastoma adalah jenis kanker ginjal yang cukup sering menyerang anak-anak usia 2–5 tahun, terutama laki-laki. Beberapa gejala tumor Wilms adalah nyeri dan pembengkakan pada perut, demam, mual dan muntah, selera makan menurun, sesak napas, serta terdapat darah pada urine.

Dengan mengenali tanda dan gejala dari semua jenis kanker yang sering menyerang anak-anak, diharapkan kanker pada anak dapat terdeteksi sejak stadium awal, sehingga penanganan dapat segera dilakukan dan peluang sembuh anak semakin meningkat.

9. Kanker hati

Kanker ini sebenarnya jarang dialami anak-anak dan remaja. Kalaupun iya, bisa jadi itu hepatoblastoma (tidak menyebar di luar hati dan biasanya terjadi pada anak berusia tiga tahun ke bawah) dan hepatocellular carcinoma (kanker hati yang lebih umum pada anak di atas tiga tahun dan remaja). Gejalanya seperti benjolan yang tak terasa sakit di perut, pembengkakan atau nyeri perut, penurunan berat badan yang tak wajar, kehilangan selera makan serta mual dan muntah.

10. Kanker tiroid

Kanker tiroid kebanyakan terjadi pada wanita berusia antara 25-65 tahun. Orang yang sering terpapar radiasi pada kepala dan lehernya ketika masih kecil berisiko tinggi terkena kanker ini. Penduduk benua Asia juga dikatakan paling tinggi risikonya terkena kanker tiroid. Gejala yang paling umum diantaranya benjolan di leher, susah bernafas, sulit menelan makanan atau suara serak. (*)



Publisher : Sofyan Saqi Futaki
KOMENTAR

EKORAN

TERBARU

  • Ini Makanan Asia Kesukaan Keluarga Kerajaan Inggris, Ada Kari Kambing Lho!
    Ini Makanan Asia Kesukaan Keluarga Kerajaan Inggris, Ada Kari Kambing Lho!
    25/09/2020 - 08:00
  • Ketua Paguyuban Sebut Tembakau Mahal Hanya Waktu Bupati Pamekasan Sidak
    Ketua Paguyuban Sebut Tembakau Mahal Hanya Waktu Bupati Pamekasan Sidak
    25/09/2020 - 07:56
  • Jadwal Sepakbola di Televisi 26-28 September 2020
    Jadwal Sepakbola di Televisi 26-28 September 2020
    25/09/2020 - 07:35
  • Curry, Asian Dishes that has been Elevated into Royal Food
    Curry, Asian Dishes that has been Elevated into Royal Food
    25/09/2020 - 07:22
  • Pilbup Ponorogo, Ini Makna Nomor Urut 2 bagi Pasangan Ipong-Bambang
    Pilbup Ponorogo, Ini Makna Nomor Urut 2 bagi Pasangan Ipong-Bambang
    25/09/2020 - 07:16
  • Termuda, Baholo Motene Menjadi Presiden Sepak Bola Wanita Lesotho
    Termuda, Baholo Motene Menjadi Presiden Sepak Bola Wanita Lesotho
    25/09/2020 - 07:03
  • Let Your Feet Dance with Jazz Gunung Series 2020-2021
    Let Your Feet Dance with Jazz Gunung Series 2020-2021
    25/09/2020 - 06:56
  • Jumat Berkah: Ke-Aku-an, Penyebab Kehinaan Hamba
    Jumat Berkah: Ke-Aku-an, Penyebab Kehinaan Hamba
    25/09/2020 - 06:15
  • Vegetable Rainbow Meatballs will Make Your Mouth Dances Nonstop
    Vegetable Rainbow Meatballs will Make Your Mouth Dances Nonstop
    25/09/2020 - 05:22
  • Posisi Rakyat dalam Menjaga Entitas Demokrasi di Pilkada
    Posisi Rakyat dalam Menjaga Entitas Demokrasi di Pilkada
    25/09/2020 - 04:16

TIMES TV

Rahasia Tubuh Bugar dan Cantik Aktris Yurike Prastika

Rahasia Tubuh Bugar dan Cantik Aktris Yurike Prastika

17/09/2020 - 11:27

[CEK FAKTA] Pemerintah Bagikan Laptop bagi Siswa dan Guru Terdampak Covid-19

[CEK FAKTA] Pemerintah Bagikan Laptop bagi Siswa dan Guru Terdampak Covid-19
Warga SDK Santa Maria 2 Turut Rayakan HUT 33 Arema FC

Warga SDK Santa Maria 2 Turut Rayakan HUT 33 Arema FC
Hari Ulang Tahun  Arema FC, Ideologi dan Prinsip Dasar Arek-arek Malang

Hari Ulang Tahun  Arema FC, Ideologi dan Prinsip Dasar Arek-arek Malang
[CEK FAKTA] Gibran Tantang Rocky Gerung, Presiden Jokowi Serahkan Jabatan ke Prabowo

[CEK FAKTA] Gibran Tantang Rocky Gerung, Presiden Jokowi Serahkan Jabatan ke Prabowo

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Jumat Berkah: Ke-Aku-an, Penyebab Kehinaan Hamba
    Jumat Berkah: Ke-Aku-an, Penyebab Kehinaan Hamba
    25/09/2020 - 06:15
  • Posisi Rakyat dalam Menjaga Entitas Demokrasi di Pilkada
    Posisi Rakyat dalam Menjaga Entitas Demokrasi di Pilkada
    25/09/2020 - 04:16
  • Pilkada 2020, Opini Publik dan Ilusi Demokrasi
    Pilkada 2020, Opini Publik dan Ilusi Demokrasi
    25/09/2020 - 02:22
  • Polemik Regulasi Kekerasan Seksual, Banyak Korban Menyuarakan Keadilan
    Polemik Regulasi Kekerasan Seksual, Banyak Korban Menyuarakan Keadilan
    24/09/2020 - 16:30
  • Perang Melawan Pandemi Covid-19, Refleksi Peringatan Hari Perdamaian Internasional
    Perang Melawan Pandemi Covid-19, Refleksi Peringatan Hari Perdamaian Internasional
    24/09/2020 - 16:00
  • Perubahan Fokus Ilmu dan Teknologi Pangan di Era Pandemi Covid-19
    Perubahan Fokus Ilmu dan Teknologi Pangan di Era Pandemi Covid-19
    24/09/2020 - 11:30
  • Korban “Kejahatan” Instruksi
    Korban “Kejahatan” Instruksi
    24/09/2020 - 08:24
  • Bukan “Budak-Budak Intelektual”
    Bukan “Budak-Budak Intelektual”
    24/09/2020 - 05:51
  • Harga Minyak Dunia Naik ke Level 41,94 Dolar AS per Barel
    Harga Minyak Dunia Naik ke Level 41,94 Dolar AS per Barel
    25/09/2020 - 08:16
  • Gawat! Face Shield Masih Berisiko Tularkan Covid-19
    Gawat! Face Shield Masih Berisiko Tularkan Covid-19
    25/09/2020 - 08:15
  • Fadli Usul Ganti Jadi Provinsi Minangkabau, Gubernur Sumbar: Silakan Saja..
    Fadli Usul Ganti Jadi Provinsi Minangkabau, Gubernur Sumbar: Silakan Saja..
    25/09/2020 - 08:13
  • Hadiahi Pacar Mobil, Athalla Naufal Ternyata Tak Izin Venna Melinda
    Hadiahi Pacar Mobil, Athalla Naufal Ternyata Tak Izin Venna Melinda
    25/09/2020 - 08:12
  • Rencana Febri Diansyah Usai Mundur dari KPK
    Rencana Febri Diansyah Usai Mundur dari KPK
    25/09/2020 - 08:11
  • Kisah Putra Raja Besar Mataram Pegang Tongkat Komando Tertinggi TNI AD
    Kisah Putra Raja Besar Mataram Pegang Tongkat Komando Tertinggi TNI AD
    25/09/2020 - 05:00
  • 2 Panglima TNI Jenderal Terbaik Akmil, Pasukan Elit Raider Masuk Papua
    2 Panglima TNI Jenderal Terbaik Akmil, Pasukan Elit Raider Masuk Papua
    25/09/2020 - 06:06
  • Menang Tipis di San Siro, AC Milan Pastikan Tiket Playoff Liga Europa
    Menang Tipis di San Siro, AC Milan Pastikan Tiket Playoff Liga Europa
    25/09/2020 - 03:27
  • Gaya Seks Buat 4 Jenis Penis, Bikin Puas Sampai Bergetar
    Gaya Seks Buat 4 Jenis Penis, Bikin Puas Sampai Bergetar
    25/09/2020 - 01:00
  • 2000 Wanita Ditiduri, Hanya 3 yang Dinikahi Dennis Rodman
    2000 Wanita Ditiduri, Hanya 3 yang Dinikahi Dennis Rodman
    25/09/2020 - 00:04