Indonesia Positif

Pertebal Keimanan Anak, Serda Nekat Ajari Ngaji

Senin, 10 Agustus 2020 - 06:41 | 64.37k
Serda Nekat Berikan Pelajaran Mengaji Pada Anak Batui. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Serda Nekat Berikan Pelajaran Mengaji Pada Anak Batui. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANGGAI – Terik mentari di hari Jumat (7/8/2020) masih menyengat kulit dikala panggilan adzan telah berkumandang dari surau di Desa Jaya Kencana, Kecamatan Toili. Sejurus kemudian terlihat langkah tegap seorang anggota TNI AD bergegas diiringi sejumlah langkah anak lelaki lainnya melaksanakan kewajiban menjalankan ibadah sholat Jumat. 

Usai melaksanakn sholat Jumat, anggota TNI AD Koramil 1308-03/Batui bernama Serda Nekat ini nampak menghampiri sejumlah anak sekitar rumahnya dan mengajak mereka belajar menulis dan membaca serta mengaji di kediamannya. Ajakan itu spontan disambut gembira Tina, Slamet, Nurul, Susi Dan Broto serta sejumlah anak lainnya yang selama ini telah jenuh belajar secara daring.

Sebelum pelaksanaan belajar mengajar, anak-anak ini diperintahkan terlebih dahulu mencuci tangan dengan sabun untuk selanjutnya dipersilahkan masuk kedalam rumah Babinsa Koramil 1308-03/Batui ini. Dibantu istrinya, Serda Nekat mengajarkan anak-anak setingkat Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar ini belajar menulis dan membacar serta perhitungan sederhana. 
Bahkan pada anak ini diajarkan pula bacaan Alquran serta hafalan surat-surat pendek.

Dimintai keterangannya Babinsa Serda Nekat mengatakan, apa yang dilakukannya itu berawal dari keprihatinannya selaku Babinsa yang melihat bahwa anaknya telah jenuh belajar secara daring (Online) dan ingin adanya interaksi bersama kawan-kawannya secara langsung termasuk ingin memperoleh pelajaran yang diajarkan secara tatap muka. Tidak hanya itu, keseharian anak disekitar rumahnya hanya di isi dengan kegiatan bermain.

Diakui Serda Nekat, melihat kondisi itu dirinya kemudian memberanikan diri untuk mencoba mengajar anak-anak  disekitar rumahnya itu. Sebagai Babinsa yang mempedomani Delapan Wajib TNI yakni menjadi contoh dalam sikap dan kesederhanaannya termasuk menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. Atas dasar itulah Serda Nekat yang melaksanakan perintah pimpinan ini mencoba membantu tenaga didik sebisa mungkin dan membantu masyarakat untuk mendidik anak-anaknya.

"Ada sekitar 13 orang anak usia sekolah yang ada di lingkungan kami Desa Jaya Kencana, Kecamatan Toili tepatnya Dusun 2 RT 5 telah ikut bejalar di rumah kami, kegiatan belajar dimulai pada setiap pukul 16.30 wita hingga pukul 18.30 wita. Selain pelajaran sekolah, mereka kami ajarkan pula pelajaran agama Islam berupa sholat, membaca Alquran serta hafalan surat-surat pendek. Saya dibantu istri yang kebetulan hanya berprofesi sebagai ibu rumahtangga,” kata Babinsa Serda Nekat.

Kegiatan itu ternyata sudah berlangsung selama kurang lebih satu bulan, hal itu tentu saja didukung oleh para orangtua yang ada disekitar rumahnya. Mereka mengucapkan terimakasih sekaligus memberikan apresiasi kepada Serda Nekat yang telah menyisihkan waktunya diluar tugas utamanya sebagai Babinsa yang juga menjadi ujung tombak dari Prajurit TNI AD di wilayah binaannya.

“Selaku orangtua sangat berterimakasih kepada Babinsa kami yang telah mau menyisihkan waktunya mengajarkan anak kami pelajaran sekolah sekaligus kegiatan keagamaan. Sekarang anak saya setiap menjelang sore sudah bersiap kerumah Babinsa untuk belajar bersama kawan-kawannya,” ujar Darmono salah satu orangtua yang anaknya ikut belajar di kediaman Babinsa.

Apa yang dilakukan Babinsa, tentu saja mendapat perhatian sejumlah pemerhati pendidikan. Mereka memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan Babinsa selaku aparat TNI AD Kodim 1308/LB ini yang telah berpartisipasi dalam dunia pendidikan. (*)

Edisi-Senin-10-Agustus-2020-Pertebal-Keimanan-Anak-Serda-Nekat-Ajari-Ngaji.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-15 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES