Indonesia Positif

Ini Cara BPPSDMP Kementan RI untuk Menciptakan SDM Unggul

Minggu, 09 Agustus 2020 - 20:25 | 52.21k
Kegiatan pemberiaan bantuan saspras lokasi lombok tengah. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kegiatan pemberiaan bantuan saspras lokasi lombok tengah. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LOMBOK TENGAH – Ketahanan pangan adalah ketersediaan pangan dan kemampuan seseorang untuk mengaksesnya. oleh karena itu peningkatkan kualitas dan kuantitas pangan terus diupayakan oleh Kementan RI.

Menurut kepala BPPSDMP, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr kunci peningkatan produksi pangan adalah bagaimana memanfaatkan keahlian yang dimiliki SDM untuk meningkatkan produktifitas pertaniannya. Peningkatan keahlian SDM dapat diperoleh dengan berbagai cara, misalnya magang, pendidikan dan pelatihan.

Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) sebagai wadah pelatihan harus meningkatkan sarana dan prasarana sesuai dengan keunggulan masing-masing agar menghasilkan SDM pertanian yang handal di wilayahnya. Bantuan pemerintah yang di berikan kepada P4S merupakan bentuk perhatian pemerintah untuk mendorong P4S menjadi tempat pelatihan bagi petani yang ingin meningkatkan kompetensinya menjadi petani yang maju, mandiri dan modern.

P4S merupakan partner BPPSDMP dalam menciptakan masyarakat pertanian yang berkompeten. Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu yang dikepalai oleh Dr. Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si sebagai pembina, melakukan monitoring secara terus menerus kepada P4S diwilayah Propinsi Nusa Tenggara Barat. P4S Batu Beson yang berdiri tahun 2006 merupakan salah satu P4S yang terletak didesa Jago Kec. Praya Kab. Lombok Tengah dan bergerak dipeternakan unggas khususnya ayam KUB dimana Pada tahun 2020 P4S ini mendapatkan bantuan berupa sarana dan prasarana guna menunjang kelembagaan dan proses belajar.

bantuan-saspras-p4s.jpg

Adapun bantuan sarana dan prasarana tersebut berupa kursi, LCD layar, laptop dan wireless yang diserahkan langsung oleh  Kepala Bidang Program dan Evaluasi Nurul Qomariyah, S.Sos, M.Si. “Bantuan ini merupakan bentuk apresiasi dan fasilitasi untuk meningkat kan kualitas kegiatan yang dilakukan oleh P4S. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi P4S dan masyarakat pertanian khususmya peternakan,” terang Nurul. 

Pada penyerahan sarana dan prasarana yang disaksikan oleh Kepala Bidang Penyuluhan bapak drh. Adjar Sapto Utomo sebagai wakil dari Kepala Dinas Pertanian Kab. Lombok Tengah menyampaikan banyak terima kasih atas bantuan sarpras yang sangat bermanfaat ini dan kami akan mendukung kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh P4S.

Selain itu, pihak dinas juga akan selalu mendukung seluruh program-program Kementerian Pertanian khususnya di wilayah Kab. Lombok Tengah.  

Dalam kesempatan ini ketua P4S, Sahdi mengucapkan banyak terima kasih kepada Kementan RI melalui BBPP Batu atas segala bantuan yang diberikan kepada P4S Batu Beson. “Semoga kedepannya P4S kami lebih berkualitas, berwawasan luas dan melalui pelatihan dan magang yang kami lakukan dibidang peternakan  bisa meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar,” harap Sahdi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES