Peristiwa Daerah

Butuh 8 Jam untuk Evakuasi Jasad Pelajar yang Jatuh dari Bukit Piramid Bondowoso

Senin, 10 Agustus 2020 - 07:04 | 65.36k
Jasad pelajar SMA 1 Tenggarang yang jatuh dari Bukit Piramid Bondowoso, dibawa menggunakan ambulance usai berhasil dievakuasi Tim SAR Gabungan. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Jasad pelajar SMA 1 Tenggarang yang jatuh dari Bukit Piramid Bondowoso, dibawa menggunakan ambulance usai berhasil dievakuasi Tim SAR Gabungan. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dibutuhkan waktu sekitar 8 jam, untuk mengevakuasi jasad Multazam (18). Pelajar SMA 1 Tenggarang yang jatuh dari Bukit Piramid Pegunungan Argopuro Bondowoso, Jawa Timur

Jasad warga Kelurahan Dabasah, Kecamatan Bondowoso itu, ditemukan Minggu (10/8/2020) sekitar pukul 15.00. Sejam kemudian tim gabungan Basarnas Pos Jember, mulai melakukan evakuasi.

Dansru Basarnas Pos Jember, Irwan Feri mengatakan, proses evakuasi dimulai pukul 16.00 WIB.

"Pukul 00.00 WIB, kami berhasil mengevakuasi survivor hingga pos 1 Gunung Piramid," katanya saat dikonfirmasi, Senin (10/8/2020).

Menurutnya, ada dua opsi untuk mengevakuasi korban. Yakni dari jalur atas dan bawah. Dengan posisi korban berada di kedalaman tebing sekira 450 meter.

Namun tim SAR gabungan memilih mengevakuasi jasad Multazam melalui jalur bawah, dengan menyusuri sungai. 

"Medan evakuasi yang kami lalui lumayan menguras tenaga. Tak ada jalur evakuasi khusus di Gunung Piramid. Evakuasi hari ini cukup melelahkan, tetapi kami tetap semangat," paparnya.

Tim evakuasi meyakini itu Multazam. Kerena ciri-ciri jasad sesuai dengan apa yang dilaporkan oleh saksi, yakni teman Multazam ketika mendaki.

"Dari jam tangan, celana, dan baju. Ketiga benda itu masih melekat di tubuh survivor," imbuhnya.

Tim evakuasi sendiri terdiri dari berbagai unsur relawan, Basarnas, BPBD Kabupaten Bondowoso, TNI, dan Polri saling bahu-membahu dalam proses evakuasi.

Ada yang melakukan koordinasi, ada yang bertugas mengirimkan stok logistik serta alat evakuasi.

"Keberhasilan untuk mengevakuasi jasad korban, tentu tak lepas dari peran kerjasama tim," paparnya.

Setelah berhasil dievakuasi, jasad Pelajar SMA 1 Tenggarang, Multazam, yang jatuh dari Bukit Piramid Pegunungan Argopuro Bondowoso, dibawa ke rumah sakit RSUD dr Koesnadi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES