Indonesia Positif

UMG Panen Perdana Klon Unggul Harapan Tanaman Tebu

Minggu, 09 Agustus 2020 - 19:09 | 85.74k
Panen Perdana Klon Unggul Harapan Tanaman Tebu UMG
Panen Perdana Klon Unggul Harapan Tanaman Tebu UMG

TIMESINDONESIA, GRESIK – Universitas Muhammadiyah Gresik atau UMG menggelar Panen Perdana 7 Klon Unggul Harapan Tanaman Tebu Hasil Persilangan Setyo Budi Tahun 2014, Sabtu (08/08). Panen ini merupakan kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Gresik dengan PTPN X dan dilakukan di kebun Sambiroto PG Gempolkrep PTPN X, Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto Jatim. 

Klon unggul harapan tanaman tebu ini merupakan tanaman tebu hasil persilangan yang mulai dikembangkan oleh Prof. Dr. Ir. Setyo Budi, M.S., yang merupakan Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, pada tahun 2014 silam. Tanaman tebu yang diberi kode SB. 01, SB. 03, SB. 04, SB. 11, SB. 12, SB. 19 dan SB. 20 ini merupakan varietas unggul. 

umg-b.jpg

Pada kunjungan sebelum panen perdana, Setyo mengungkapkan bahwa klon unggul harapan tanaman tebu ini telah melalui berbagai uji keunggulan produktivitas. Namun demikian, masih dibutuhkan setidaknya waktu dua tahun lagi untuk 7 klon unggul harapan tanaman tebu tersebut dapat dirilis dan di SK kan oleh Menteri Pertanian sebagai varietas tebu unggul.

Dalam kegiatan panen perdana ini, hadir pula Sekda Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Heru Tjahjono, M.M., serta SEVP Operation PTPN X, Dimas Eko Prasetyo, dan para petani muda tebu millenial PTPN X. 

Dimas Eko, SEVP Operation PTPN X, mengatakan bahwa ini merupakan satu langkah baik yang ditempuh untuk menuju swasembada gula nasional. 

umg-c.jpg

"Kami harapkan varietas ini bisa segera rilis ke petani karena memang memiliki potensi yang baik. Nanti ada dana dari pemerintah untuk membongkar seluruh kebun dengan varietas yang lama dan akan ditanami dengan varietas baru ini,” terangnya.

Lebih lanjut Dimas Eko menyebutkan bahwa bibit ini bisa dikembangkan karena PTPN X secara korporasi sudah memberikan bantuan bibit setiap tahun secara konsisten kepada petani. 

“Ini merupakan bentuk komitmen kami PTPN X untuk mendukung petani, mendukung pemerintah supaya swasembada gula bisa tercapai,” ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES