Ekonomi UMKM Tangguh

Begini Tips Mengembangkan UMKM Agar Mampu Bersaing di Masa Normal Baru

Minggu, 09 Agustus 2020 - 18:53 | 80.59k
Salah satu contoh produk UMKM yang berada di Surabaya. (Foto: Farida Umami/TIMES Indonesia)
Salah satu contoh produk UMKM yang berada di Surabaya. (Foto: Farida Umami/TIMES Indonesia)
FOKUS

UMKM Tangguh

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM menjadi salah satu sektor penopang ekonomi Indonesia. Maka dari itu sangat penting bagi pelaku UMKM untuk mengetahui tips atau strategi agar mampu berkembang dan bersaing di masa normal baru setelah adanya wabah pandemi Covid-19.

TIMES Indonesia merangkum beberapa tips untuk para pelaku UMKM agar mampu berjalan dengan lancar dan mampu bersaing, diantaranya adalah sebagai berikut. 

1. Inovatif dan Kreatif Dalam Mengembangkan Produk

Dalam mengembangkan produk, pelaku UMKM diharapkan jeli melihat peluang dan memiliki sebuah jiwa kreatif dan inovatif sehingga mampu menciptakan sebuah produk yang bisa menjadi komoditas primadona yang ada di pasar.

Jeli dalam melihat keunikan sebuah produk, menjadi pembeda dari produk yang lain sehingga produk dapat menarik minat pasar dibandingkan produk lainnya.

2. Jeli Mengembangkan Potensi Produk dan Menentukan Harga

Menentukan harga dengan mempertimbangkan harga pasar saat ini menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Penentuan harga hrus disesuaikan dengan harga bahan baku, biaya produksi, beban listrik, dan beban yang lain. Harga di pasaran ditentukan dengan pertimbangan yang telah dilakukan.

Mengambil keuntungan tidak terlalu tinggi dan tidak juga terlalu sedikit. Namun disesuaikan dengan beberapa beban yang dikeluarkan dan harga pasar.

3. Mempertimbangkan Lokasi Strategis

Lokasi strategis harus diperhitungkan karena ketika memilih lokasi tepat maka konsumen akan semakin mudah untuk mengetahui produk milik anda.

Selain itu tempat produksi strategis juga dapat menjadi pertimbangan. Karena ketika mendapatkan lokasi yang strategis maka promosi produk semakin mudah untuk dilakukan.

4. Melakukan Promosi Digital Maupun Konvensional

Melakukan promosi sangat perlu untuk dilakukan. Disamping UMKM tersebut lebih dikenal, untuk menggaet pasar maka promosi dengan cara tepat bisa diperhitungkan.

Promosi secara digital bisa dilakukan dengan menggunakan media sosial yang menyediakan banyk platfrom untuk promosi sektor UMKM.

Promosi melalui media online juga menjadi salah satu yang patut diperhitungkan. Salah satunya dengan melakukan promosi di salah satu media online TIMES Indonesia yang menawarkan banyak paket murah untuk para pelaku UMKM yang ingin melakukan promosi.

Biaya promosi tidak terlalu memberatkan bagi para pelaku UMKM. Namun kedepannya, produk UMKM tersebut akan semakin dikenal dan berkembang luas di masyarakat. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES