Kuliner

Menikmati Segarnya Es Degan Jurgan, Minuman Pelepas Dahaga Pencinta Olahraga

Minggu, 09 Agustus 2020 - 18:37 | 277.48k
Salah satu pengunjung menunjukkan brand Jurgan usai mengikuti gowes Sunday Morning Ride yang finish di Kedai Jurgan. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Salah satu pengunjung menunjukkan brand Jurgan usai mengikuti gowes Sunday Morning Ride yang finish di Kedai Jurgan. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Puluhan pencinta sepeda tampak memarkirkan sepedanya usai gowes, Minggu (9/8/2020). Mereka terlihat sangat menikmati sajian es degan yang disuguhkan Jurgan (juru degan). Grrrrr.... Segar es degan kekinian ini bikin puas melepa dahaga.

Kedai yang berada di Jalan Oro-Oro Dowo, Klojen, Kota Malang itu memang menyediakan berbagai macam jenis es degan. Sangat cocok buat pencinta olahraga yang singgah untuk sekedar melepas dahaga dan beristirahat sejenak.

Kedai-Jurgan-b.jpg

Owner Jurgan, Abajilly Azad, menjelaskan pemilihan nama Jurgan diambil dari akronim juru degan. Dengan mengusung tagline Inget Degan, Inget Jurgan, ia ingin mengampanyekan degan menjadi minuman favorit masyarakat.

"Jurgan itu juru degan. Artinya ahli di bidang itu. Kita ahlinya meracik degan dengan berbagai varian rasa dan menu lainnya," katanya kepada TIMES Indonesia.

Selain khasiatnya yang banyak, ia optimistis masyarakat perlu memahami manfaat lain dari konsumsi degan. Salah satunya karena kandungan degan gemuk akan nutrisi.

Jilly, sapaan akrabnya, mulai start usahanya sejak tahun 2019 lalu. Berawal dari home industri, ia mengandalkan penjual online kepada konsumen.

Dirinya sempat melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka lapak di setiap event besar. Upaya menjadi pembisnis sukses di usia muda menjadi cita-cita yang wajib diperjuangkan.

Kedai-Jurgan-c.jpg

"Rata-rata sehari paling sedikit terjual 10 cup. Tapi pernah sih hanya laku 1 cup saja," tukasnya.

Jilly yang masih duduk semester 7 Ilmu Komunikasi Universitas Merdeka (Unmer) Malang itu harus pandai mengatur waktu. Ia menjalankan bisnis sembari menyelesaikan studinya.

Jurgan juga menerima pesanan untuk event atau keperluan komunitas. Bahan baku yang dibawa adalah degan pilihan karena kata Jilly, pelanggan adalah raja yang harus dibikin puas dengan dagangannya.

"Yang paling laris itu Jurgan original, Jurgan Yakult dan Jurgan Leci," imbuhnya.

Menu Jurgan dibagi menjadi enam varian. Selain tiga menu di atas, ada pula Jurgan Gula Jawa, Jurgan Susu, dan Jurgan Jeruk.

Harganya murah. Mulai Rp8.000 hingga Rp12.000. Semua sajian dikemas dalam gelas berukuran jumbo yang higienis dan nyaman dipegang.

"Packaging sangat saya perhatikan karena ini bentuk promosi juga. Saya jamin 100 persen air degan. Tanpa ada campuran," tegasnya.

Pihaknya akan terus melakukan penetrasi dan inovasi supaya bisnisnya semakin lancar. Jurgan segera meluncurkan menu andalan baru yakni Choco Jell dengan kemasan mungil serta Jurgan Series.

Saat ditanya kenapa harus bisnis degan, Jilly menjawab dirinya ingin tampil beda. "Biasanya kan teh atau kopi. Saya ingin jadi pelopor minuman degan. Ini sehat dan enak," tuturnya.

Jurgan kerapkali dikunjungi komunitas pencinta olahraga. Salah satunya komunitas sepeda yang hari ini (9/8/2020) menggelar Sunday Morning Ride. Es degan kekinian, Jurgan menjadi titik finish. Jurgan hadir dengan inovasi baru. Pencinta olahraga wajib mencoba! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES