Peristiwa Daerah

Analisa MIDE Terkait Pilkada Musi Rawas 2020

Minggu, 09 Agustus 2020 - 18:06 | 210.09k
Direktur MIDE Edi Wahyuri, SIP, M.Si. (FOTO: MIDE)
Direktur MIDE Edi Wahyuri, SIP, M.Si. (FOTO: MIDE)

TIMESINDONESIA, MUSI RAWAS – Musi Institute for Democracy and Electoral (MIDE) telah melakukan pemetaan serta kajian terkait kondisi dan proyeksi elektoral Pilkada Musi Rawas 2020. Pemetaan dan kajian dilakukan di tujuh Kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada 2020.

"Hasilnya bahwa setiap daerah memiliki dinamika masing-masing, dan menurut hasil kajian kami, Kabupaten Musi Rawas paling menarik dinamikanya," ungkap Direktur Eksekutif MIDE Edi Wahyuri, S IP, M Si, Minggu (9/8/2020) dalam rilisnya kepada TIMES Indonesia.

Menurutnya, Keputusan Partai Gerindra mengusung calon sendiri di Pilkada Musi Rawas meningkatkan ekskalasi pilkada 2020 Musi Rawas. Belum bulatnya parpol pengusung calon kepala daerah mengeluarkan nama jagoannya satu bulan jelang pendaftaran di kantor KPU, juga jadi tolok ukur bahwa pilkada Musi Rawas akan jadi menarik.

"Apalagi petahana dengan tingkat keterkenalannya di masyarakat lebih besar, belum memutus calon pendamping," ujar Alumni FISIP Unsri ini.

Dia menjelaskan hal ini bisa ditafsirkan sebagai sikap petahana yang wait and see melihat siapa penantangnya. Petahana tidak ingin calon pendamping justru tidak memiliki kontribusi besar dalam perolehan suara.

"Hal lumrah dalam sebuah kontestasi, petahana ingin memupus keragu-raguan dalam memilih pendamping, dengan melihat terlebih dahulu siapa penantang di pilkada 2020 ini," ujar Edi.

Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan sebagai petahana sudah hampir pasti maju Kembali dengan setidaknya telah didukung 6 Partai dengan total 17 kursi DPRD Kabupaten (Demokrat 3, PAN 4, Nasdem 5, PKS 3, Hanura 1, PBB 1).

"Jika merujuk pada syarat dukungan pencalonan, Maka Petahana sudah memenuhi syarat minimal 20 persen dukungan kursi DPRD (8 kursi) meskipun masih menyisakan spekulasi siapa pasangan yang akan mendampingi petahana," terangnya.

Gambaran Kandidat Parpol, dari 40 kursi DPRD Musi Rawas, masih ada 23 kursi lagi atau lebih dari setengah yang belum menentukan sikap dukungannya yaitu PDIP 8 Kursi, Golkar 7 Kursi, Gerindra 5 Kursi, dan PKB 3 Kursi.

"Jika syarat minimal dukungan untuk maju adalah 8 kursi, maka 4 Partai yang belum menentukan sikap ini berpengaruh terhadap potensi jumlah penantang petahana. PDIP yang memiliki 8 kursi dapat mengusung sendiri kandidatnya, Gerindra bergabung dengan Golkar dan/atau PKB, maka setidaknya akan terdapat 2 penantang Petahana," kata Eks Alumni Pasca Sarjana FISIP Unsri ini.

Lanjut dia, jika 4 partai yang belum menentukan sikap malah sepakat untuk mengusung satu kandidat saja, maka akan menjadi penantang yang berat bagi petahana.

"Potensi Penantang, MIDE mencatat beberapa figur kuat dan potensial penantang petahana. Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti yang juga merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Musi Rawas berpotensi akan maju melalui Partai Gerindra dengan syarat mampu berkoalisi dengan minimal 1 partai baik itu PDIP, Golkar maupun PKB," kata Dia.

Kemudian, nama Ratna Mahmud Amin juga santer terdengar akan maju kembali lewat perahu PDIP. Meskipun gagal, pada Pilkada 2015 lalu, selisih suara Ratna Mahmud Amin dengan pemenang saat itu (Hendra Gunawan-Suwarti) hanya 2.040 suara.

"Ratna Mahmud Amin saat itu juga unggul di lebih dari setengah kecamatan di Musi Rawas, yaitu menang di 8 kecamatan dari total 14 kecamatan. Bermodal hasil Pilkada yang Lalu, maka Ratna Mahmud Amin akan menjadi lawan berat bagi petahana,"ungkap Direktur Eksekutif MIDE ini.

Selanjutnya, nama Firdaus Cik Olah Ketua DPD II Golkar Musi Rawas dan menjadi Wakil Ketua DPRD Musi Rawas, juga berpotensi menjadi penantang kuat petahana. Ada juga nama H Mulyana bendahara umum Nahdlatul Ulama Musi Rawas yang juga manajer Koperasi di Musi Rawas ini mulai beredar sebagai calon kandidat yang akan maju di Pilkada.

Membaca Hasil Survei.

Ada tiga (3) Lembaga yang melakukan survei calon kepala daerah di Musi Rawas, Yaitu Nusantara Institute, Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI), dan Rafflesia Research Parameter (RRP). Meskipun Petahana selalu unggul elektabilas dibandingkan dengan para calon kompetitor, setidaknya hasil dari RPP yang menyatakan elektabilatas H. Hendra Gunawan tertinggi dengan angka 36 persen, namun harus diingat bahwa angka tersebut hanya selisih 14 persen dengan Firdaus Cik Olah yang mendapatkan 22 persen. 

Kemudian hasil survei Nusantara Institute H. Hendra Gunawan di angka 28% selisih 6% dengan Firdaus Cik Olah yang mendapatkan 22%.

"Meskipun di hasil survei LKPI petahana memperoleh hasil dan berjarak cukup jauh dengan para calon kompetitor yang lain, namun hasil survei RPP dan Nusantara Institute ini juga harus menjadi early warning yang serius karena angka 36% dan 28%  tersebut sangat rendah bagi kandidat dengan posisi petahana," ungkap Edi Wahyuri Direktur Eksekutif MIDE. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES