Ekonomi

Tingkatkan Ekonomi Warga Nahdliyin, PCNU Jombang Dorong Program BMTNU Jombang

Minggu, 09 Agustus 2020 - 14:53 | 123.12k
Muskercab IV PC NU Jombang di Aula PC NU Jombang Jl Gatot Subroto No 4 Jombang. (Foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Muskercab IV PC NU Jombang di Aula PC NU Jombang Jl Gatot Subroto No 4 Jombang. (Foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Di tengah pandemi Covid-19 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama atau PCNU Jombang gelar Musyawarah Kerja Cabang ke IV (MUSKERCAB IV) dorong program dari Baitul Mal Wat-tanwil Nahdlatul Ulama atau BMTNU untuk mensejahterakan taraf ekonomi warga Nahdiyin.

"Pandemi ini tidak tahu kapan selesainya maka kita harus dorong program BMTNU untuk bisa menghidupi perekonomian warga yang terkena langsung dampak dari pandemi ini. Alhamdulillah sekarang sudah berdiri 13 cabang dimasing-masing MWC NU dan 1 cabang persiapan artinya tinggal 7 MWC NU yang belum ada BMTNU dari 21 MWC NU di seluruh Jombang," ungkap KH. Salmanudin Yazid Ketua PCNU Jombang, Minggu (9/8/2020).

Sesuai amanat yang telah disepakati pada Konfercab PCNU tahun 2017 di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang menargetkan pada periode ini akan membentuk 21 BMTNU Hingga akhir periode pada tahun 2022 nantinya.

Muskercab-IV-PC-NU-Jombang-a.jpg

Pada Muskercab ke iv ini PCNU Jombang sudah mengintruksikan kepada LPNU sebagai lembaga yang diamanah agar 21 BMTNU segera dibentuk sehingga pada akhir periode tinggal menjalin hubungan yang baik dengan pihak lain untuk mengelola sistem, manajerial yang baik.

Untuk program BMTNU sendiri tidak jauh beda dengan lembaga keuangan lainnya. Bedanya lembaga ini dibentuk oleh warga NU yang bertujuan untuk mensejahterakan warna NU khususnya, umumnya untuk masyarakat luas.

Sebagai suporting lembaga atau perorangan yang bergerak dibidang usaha atau pemberdayaan ekonomi dan membatu akses pembiayaan permodalan terutama bagi warga yang menengah kebawah.

Ada beberapa keunggulan dari BMTNU seperti yang diungkapkan oleh Mochammad Muchlis, S.Ag Sekretaris PCNU Jombang.

"Ada dua keunggulan yaitu pertama secara materi hasil atau keuntungan akan kembali ke PCNU dan nasabah sendiri dalam rangka mendorong kemandirian warga nahdiyin dan organisasi, kedua secara uhrowi sebagai syiar keuangan syariah yang sesuai dengan aturan agama Islam," ungkap Sekretaris PCNU Jombang ini mengenai BMTNU Jombang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES