Indonesia Positif

Selayang Pandang P4S Lenka Indika di Lombok Timur

Sabtu, 08 Agustus 2020 - 19:08 | 62.23k
Serba Serbi Kegiatan di P4S Lombok Timurlokasi Lombok TimurSabtu, 8 Agustus 2020. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Serba Serbi Kegiatan di P4S Lombok Timurlokasi Lombok TimurSabtu, 8 Agustus 2020. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LOMBOK TIMUR – Desa Lendang Nangkaberjarak sekitar dua kilometer dari kecamatan Mas Bagig Kabupaten Lombok Timur dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Bandara Internasional Praya. Desa ini punya kontur datar keindahan alam Lembah Nangka.

Suasana semakin hangat saat bertemu warga yang selalu ramah menyapa orang sekalipun baru kali pertama bertemu. Warga di sini mayoritas bekerja sebagai petani. Tak heran, karena desa ini punya haparan sawah dan kebun yang luas.

Lalu Supratman yang juga Ketua P4S Lenka Indika menyebutkan bahwa salah satu kegiatan masyarakat khususnya masyarakat desa Lendang Nangka saat ini memelihara lebah madu, kegiatan ini sebenarnya dimulai dari hobby melakukan penangkapan penangkapan ke daerah-daerah tempat lembah bersarang dan hanya mengabil sari (madu) nya, dari hobi tersebut timbul hasrat untuk  melestarikan lebah dengan membudidayakan.

Kegiatan-di-P4S-2.jpg

Lalu pria yang selalu ceria mengatakan bahwa kegiatan memelihara lebah sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 1985 semenjak adanya proyek yang dilaksanakan oleh Dinas Kehutahan Kabupaten Lombok Timur, sejak saat itu peternakan lebah di Desa Lendang Nangka mulai berkembang dan masyarakatpun mulai ikut tertarik untuk beternak lebah.

Salah satu faktor yang mendorong masyarakat untuk tertarik memelihara lebah adalah karena produksi yang dihasilkan tidak jauh beda kalitasnya dan lebih mudah memanenya dibandingkan dengan kalau mereka menangkap hanya untuk mengambil madunya. "Salah satu kelompok yang menghimpun para peternak lebah madu khususnya di Desa Lendang Nangka adalah kelompok “Lenka Indika” (Lebah Lendang Nangka). Kelompok ini berdiri tanggal 18 Februari 2004, kelompok ini beranggotakan 24 orang peternak yang tersebar diwilayah kekadusan Desa Lendang Nangka,“ ujarnya.

Terbentuknya kelompok ini atas dasar kesadaran masyarakat terutama para peternak Lebah untuk lebih mengembangkan usaha peternak lebah madu dengan kegiatan kelompok. Kegiatan utama kelompok ini adalah usaha budidaya, pengolahan dan pemasaran lebah madu, dan pengembangan tanaman kehutanan dan perkebunan, serta penunjang lainya, dari kegiatan  dan sarana yang telah dimiliki maka kelompok tersebut diverivikasi oleh kementan RI maka Kelompok Lenka Indika di naikan klasternya menjadi P4S (Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya) dan saat ini dibina oleh BBPP Batu Jawa Timur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES