Ekonomi

Pertamina MOR V Catat Kenaikan Transaksi Non-tunai

Sabtu, 08 Agustus 2020 - 12:06 | 21.43k
Pertamina MOR V mencatat kenaikan transaksi non-tunai tiga kali. (Foto: dok/TI)
Pertamina MOR V mencatat kenaikan transaksi non-tunai tiga kali. (Foto: dok/TI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPertamina MOR V Jatim Balinus mencatat adanya kenaikan transaksi non-tunai selama masa transisi New Normal, di wilayah SPBU Malang Raya. Kenaikan transaksi ini meningkat tiga kali lipat sebelum pemberlakuan non-tunai.

Unit Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji, menyebutkan sebelum program SPBU PSBB dijalankan, transaksi non-tunai di Malang Raya rata-rata di bulan Juni 2020 hanya sekitar 878 transaksi per hari. 

Setelah dilaksanakan program PSBB fase pertama dalam satu bulan ini, transaksi non tunai meningkat 185 persen, menjadi sekitar 2500 transaksi non-tunai per hari. Bahkan pada minggu ke-3 Juli, rata-rata transaksi non-tunai di SPBU se-Malang Raya mencapai lebih dari 3.000 transaksi per hari.

“Peningkatan transaksi non-tunai menjadi hampir tiga kali lipat lebih ini, menjadi indikasi bahwa konsumen SPBU di Malang Raya sudah mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru, untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarganya,” kata Rustam.

Program ini dilaksanakan sebagai salah satu dukungan terhadap regulasi adaptasi kebiasaan baru, seperti Peraturan Wali Kota Malang Nomor 19 Tahun 2020 tentang Pedoman Penerapan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di Kota Malang, yang menyebutkan agar mengutamakan pembayaran dengan cara non-tunai. 

Selain itu, Pertamina juga mendukung program Bank Indonesia dalam menggalakkan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNTT) yang mendorong agar transaksi jual beli dilakukan secara non-tunai. Menyikapi hal tersebut, Pertamina berupaya untuk tetap berpartisipasi aktif dalam pencegahan penularan Covid-19 dan siap mendukung GNTT.

Selain di Malang Raya (Kab. Malang, Kota Malang, Kota Batu), Program ini juga dilaksanakan di 182 SPBU lain di wilayah Sales Area Malang. SPBU tersebut tersebar di Banyuwangi, Jember, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Situbondo dan Bondowoso.

Tidak hanya peningkatan transaksi cashless di SPBU Malang Raya, Pertamina juga mencatat adanya kenaikan konsumsi BBM seperti Pertalite yang meningkat 10 persen dari total konsumsi pada bulan Juni sebesar 21.000 KL menjadi 23.000 KL pada bulan Juli, Pertamax yang meningkat 14 persen dari total konsumsi pada bulan Juni sebesar 4.300 KL menjadi 4.900 KL pada bulan Juli 2020. 

Pada bahan bakar Diesel, Pertamina mencatat kenaikan konsumsi pada Dexlite sebesar 32 persen dari total konsumsi pada bulan Juni sebesar 316 KL menjadi 420 KL pada bulan Juli dan Pertamina Dex yang meningkat 16 persen dari total konsumsi pada bulan Juni sebesar 202 KL menjadi 235 KL pada bulan Juli 2020.

Seperti yang diketahui, sejak diberlakukannya adaptasi kebiasaan baru atau new normal life, Pertamina telah memberlakukan protokol pencegahan Covid-19 di seluruh lini bisnis perusahaan. Salah satunya adalah dengan melakukan uji coba pemberlakuan transaksi non-tunai di seluruh 80 SPBU yang berada di wilayah Malang Raya, atau yang dikenal dengan Program SPBU PSBB (Pemberlakuan SPBU Ber-NonTunai Bersama).

Pemberlakuan transaksi cashless di SPBU seluruh Malang Raya ini telah dilaksanakan sejak 1 Juli 2020 kemarin sebagai fase pertama, dengan ujicoba transaksi non tunai via aplikasi My Pertamina yang dilakukan dalam 1 sisi jalur di SPBU. 

Pertamina berharap dengan  meningkatnya transaksi cashless ini, Pertamina berharap dapat memberikan kemudahan akan bertransaksi di SPBU bagi para pelanggan setia dari produk Pertamina. Beragam promo bagi pelanggan juga hadir dalam aplikasi My Pertamina. 

Pertamina MOR V Jatim Balinus, juga menghadirkan cashback sebesar 30 persen yang berlaku untuk seluruh masyarakat dengan maksimal cashback Rp 15.000 yang dimulai dari tanggal 1–31 Agustus 2020 ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES