Peristiwa Nasional

Kementerian PUPR Dukung Pengembangan Wisata Borobudur Melalui Pembangunan Infrastrukur

Sabtu, 08 Agustus 2020 - 09:16 | 53.92k
FOTO: Kementerian PUPR
FOTO: Kementerian PUPR

TIMESINDONESIA, JAKARTAKementerian PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) tengah melakukan pembangunan infrastruktur beberapa kawasan wisata di sekitar Candi Borobudur. 

Ini untuk menunjang Kawasan Borobudur yang telah ditetapkan sebagai salah satu KSPN Prioritas atau 10 “Bali Baru” yang dikembangkan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016.

Borobudur-2.jpg

Di bidang jalan dan jembatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan rehabilitasi jalan dan penataan trotoar di KSPN Borobudur sepanjang 24,5 Km, serta preservasi dan pelebaran jalan akses menuju ke Kawasan Candi Borobudur. 

Preservasi dan pelebaran jalan akses tersebut dilakukan pada Jalan Sentolo – Nanggulan – Dekso, Jalan Pringsurat – Secang – Keprekan, Jalan Keprekan – Muntila – Salam, dan Jalan Keprekan – Borobudur dengan total Panjang 63 Km. Selain itu, akan dibangun juga 2 jembatan pejalan kaki, yaitu Jembatan Elo Mendut dan Jembatan Kali Progo sebagai akses berjalan kaki bagi wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Prambanan.

Pada bidang Permukiman, Kementerian PUPR akan membangun 4 gerbang, yaitu Gerbang Blondo, Gerbang Kembanglimus, Gerbang Klangon, dan Gerbang Palbapang sebagai penanda masuk pariwisata Candi Borobudur. Sedangkan di dalam area Candi Borobudur sendiri, jalan boulevard menuju candi akan dilakukan pelebaran sebesar 2 m.

Untuk mengetahui lebih lengkap bagaimana Pemerintah melalui Kementerian PUPR mempersiapkan pembangunan infrastruktur untuk mendukung program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Borobudur, saksikan cerita perjalanannya yang akan disiarkan pada program tayangan Journey di MetroTV pada Sabtu 8 Agustus 2020, pukul 10.00 WIB. (*)

Edisi-Sabtu-8-Agustus-2020-Kementerian-PUPR.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Press Rilis

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES