Peristiwa Daerah

Minim Laporan Masyarakat, Bukti Belum Banyak yang Tahu Fungsi Ombudsman

Jumat, 07 Agustus 2020 - 23:35 | 80.38k
Kepala Keasistenan Bidang Pemeriksaan Ombudsman RI Kantor Perwakilan Jawa Barat, Noer Ade Purnama. (Foto: Humas Pemkot Cirebon)
Kepala Keasistenan Bidang Pemeriksaan Ombudsman RI Kantor Perwakilan Jawa Barat, Noer Ade Purnama. (Foto: Humas Pemkot Cirebon)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui fungsi Ombudsman RI. Hal ini tercermin dari jumlah laporan tentang pelayanan publik secara nasional maupun Jawa Barat yang masih kecil.

Tercatat ada 10.000 laporan pada tahun 2019 untuk nasional. Sedangkan pengaduan yang masuk dari Jawa Barat kurang dari 200 laporan. Menurut Kepala Keasistenan Bidang Pemeriksaan Ombudsman RI Kantor Perwakilan Jabar, Noer Ade Purnama, jumlah pelaporan tersebut masih terlalu sedikit, jika dibandingkan dengan jumlah penduduknya.

"Banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya Ombudsman yang memiliki tugas dan fungsi menerima pengaduan masyarakat tentang pelayanan publik," jelasnya saat acara sosialisasi tentang tata cara pemeriksaan laporan pengaduan masyarakat di Balai Kota Cirebon, Jumat (7/8/2020).

Noer melanjutkan, berdasarkan aturan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman RI dengan produk yang dihasilkan adalah rekomendasi untuk terlapor. Jika terlapor adalah Pemda, maka terintegrasi dengan Undang-Undang Pemerintah Daerah yang wajib dilaksanakan Pemda.

“Sanksi yang bisa diberikan Ombudsman adalah sanksi administrasi jika telah terbukti ada maladministrasi,” ujarnya.

Noer menambahkan, terkait pengaduan tentang pelayanan masih belum banyak diketahui oleh masyarakat, maka dari itu dibutuhkan sosialisasi dan pembenahan kanal-kanal pengaduan dan fungsi Ombudsman RI. "Dibutuhkan sosialisasi dan pembenahan kanal-kanal pengaduan," tuturnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES