Pendidikan

Mahasiswa Baru Universitas Mataram Ikuti PKKMB Secara Online, Ini Pesan Rektor 

Jumat, 07 Agustus 2020 - 16:55 | 74.71k
Suasana pembukaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru atau PKKMB Univeritas Mataram tahun akademik 2020/2021 secara online.(Foto: Humas Unram)
Suasana pembukaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru atau PKKMB Univeritas Mataram tahun akademik 2020/2021 secara online.(Foto: Humas Unram)

TIMESINDONESIA, MATARAM – Rektor Universitas Mataram Prof. Dr. Lalu Husni, membuka kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru atau PKKMB tahun akademik 2020/2021.

Kegiatan PKKMB Univeritas Mataram (Unram) tersebut dilaksanakan secara daring via aplikasi Zoom Meeting dan kanal Youtube, dikhususkan bagi mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN.

“Di tengah pandemi Covid-19, tidak memungkinkan kita bertatap muka sacara langsung. Karena itu pembelajaran jarak jauh atau daring menjadi alternatif termasuk PKKMB ini,” ungkap Prof Husni, kepada TIMES Indonesia, Jumat (7/8/2020).

Husni menekankan agar mahasiswa baru tidak hanya mengukur keberhasilan, dengan peraihan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tinggi semata. Namun juga harus dibarengi dengan pelatihan softskill (kecapakan).

Karena itu Prof. Husni berpesan agar mahasiswa menyalurkan rasa syukur diterima sebagai keluarga besar Unram, dengan memperbanyak belajar dan membaca mengingat saat ini bahan bacaan sangat mudah didapatkan, baik melalui smartphone seperti e-book, e-journal, dan video pembelajaran.

“Terlibat dalam organisasi kemahasiswaan di Unram bisa menjadi jalan bagi para mahasiswa baru untuk mengasah softskill tersebut. Iya tentunya dalam koridor yang seharusnya,” kata Rektor kesembilan Unram itu.

“Untuk hadapi tantangan ke depan, kita harus bekerja keras dan tekad belajar sungguh-sungguh harus ada dalam diri kita agar tidak tertinggal bangsa lain,” imbuhnya.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III) Unram Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani menyampaikan, jumlah mahasiswa peserta PKKMB jalur SNMPTN tercatat sebanyak 983 orang.

“Sedangkan dalam pelaksanaan via daring hari ini, terdata sekitar 925 orang mahasiswa baru jalur SNMPTN yang menghadiri,” katanya.

Enny juga menjelaskan, PKKMB merupakan kegiatan pengenalan yang terprogram yang disusun dalam upaya menyiapkan karakter mahasiswa baru, dalam melewati proses transisi untuk menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri.

“Pelaksanaan PKKMB tahun ini diharapkan bisa menjadi wahana sosialisasi kebijakan merdeka belajar, kampus merdeka, dan menanamkan lima program gerakan nasional revolusi mental,” jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan PKKMB tahun akademik 2020/2021 Universitas Mataram tersebut mengusung tema 'Melalui PKKMB Masa Covid-19 Kita Wujudkan Program Merdeka Belajar dan Gerakan Revolusi Mental Menuju Tercapainya Pendidikan yang Berkualitas'. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES