Peristiwa Daerah

Sambut HUT Ke-75 RI, PT KAI Beri Diskon Angkutan Barang via Rail Express

Jumat, 07 Agustus 2020 - 16:45 | 98.57k
Jasa angkutan barang via Rail Express menjadi alternatif utama bagi pengguna jasa angkutan dan pengiriman. (FOTO: Humas KAI Daop 5 Purwokerto)
Jasa angkutan barang via Rail Express menjadi alternatif utama bagi pengguna jasa angkutan dan pengiriman. (FOTO: Humas KAI Daop 5 Purwokerto)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Memperingati HUT ke-75 RI, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menebar senyum dan memberikan kabar gembira bagi masyarakat yang akan menggunakan jasa pengiriman barang via Rail Express.

Program ini akan menumbuhkan market kepada calon customer dan loyalty kepada customer angkutan Rail Express, terhitung mulai tanggal 8-31 Agustus 2020 diberlakukan diskon tarif sebesar 17 persen. 

Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, Supriyanto  menyampaikan bahwa tarif yang tercantum di dalam aplikasi merupakan tarif yang telah didiskon 17 persen, dan diskon tarif tersebut berlaku untuk setiap transaksi tanpa dikenakan minimum berat angkutan.

"Selama periode diskon tarif HUT ke-75 RI, ketentuan diskon lainnya tidak berlaku," katanya, Jumat (7/8/2020).

Dijelaskan, Rail Express merupakan produk jasa pengiriman barang yang dikelola oleh PT KAI menggunakan Kereta Bagasi yang dijalankan khusus sebagai KA Parcel One Night Service (ONS) dengan kapasitas 250 ton, maupun dirangkaikan pada KA Barang Hantaran Potongan (BHP) dengan kapasitas 10-20.

Rail-Express-3.jpg

Dengan adanya Rail Express ini akan mudah mengirim barang dengan cepat dan tepat waktu. Mengingat kereta api memiliki jalur rel khusus. Dengan Rail Express kita juga lebih mudah dalam mengirim barang ke tujuan dengan waktu yang cepat dan tepat.

Stasiun yang melayani Rail Express meliputi stasiun-stasiun yang berada di Pulau Jawa, yaitu Jakarta, Bandung, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang, Purwokerto, Kroya, Sidareja, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo, Ngawi, Madiun, Jombang, Kediri, Surabaya, Malang, Jember, Ketapang, dan banyak lagi kota tujuan lainnya.

Syarat dan ketentuan pengiriman adalah barang harus dikemas dengan baik dan benar sesuai jenis barang tersebut. Barang diberi tanda atau petunjuk informasi barang (nama, alamat, dan nomor telepon pengirim dan penerima barang) serta keterangan perlakuan terhadap barang.

Ketentuan berat minimum pengiriman barang sebesar 5 kg, karena barang dengan berat kurang dari 5 kg akan dikenakan tarif sesuai berat minimum 5 kg.

Di Daop 5 Purwokerto, loket Rail Express ada di stasiun Purwokerto, Kroya, Sidareja, Gombong, Kebumen, dan Kutoarjo. "Masyarakat bisa datang langsung ke loket Rail Express di stasiun. Untuk info lebih lanjut di 08112855501," pesan Supriyanto.

Jenis kiriman barang melalui Rail Express diantaranya dokumen, hewan, sepeda, sepeda motor, produk UMKM, produk industri dan e-commerce.

Rail-Express-2.jpg

Untuk pengiriman hewan, hewan wajib menggunakan standar petcargo/petcarrier/kennelbox yang sesuai dengan jenis hewan yang dikirim dan segala akibat yang terjadi atas hewan yang dikirim (antara lain cacat, mati, dan sebagainya menjadi tanggung jawab pengirim sepenuhnya).

Namun selama masa pandemi Covid-19 ini, pengiriman hewan belum dapat dilakukan, kecuali pengiriman ikan hidup.

Selanjutnya dijelaskan, barang-barang yang dilarang untuk dimuat adalah surat/dokumen berharga bernilai uang, uang tunai (rupiah/mata uang asing), surat berharga, perhiasan, dan sejenisnya, barang berbahaya atau mudah meledak, beracun, dapat menimbulkan percikan api dan dapat merusak barang lainnya (barang jenis B3).

Juga barang yang mengandung psikotropika dan narkotika, barang/dokumen yang dilarang menurut ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku, barang/dokumen cetakan, foto dan barang lainnya yang dapat melanggar aturan kesusilaan/pornografi.

"Waktu pelayanan operasional untuk penerimaan barang di stasiun asal paling lambat 2 jam sebelum KA berangkat dan waktu pengambilan barang di stasiun tujuan paling lambat 12 jam setelah KA tiba,” jelas Supriyanto.

Ia menegaskan, sudah banyak produk-produk di beberapa wilayah di Daop 5 Purwokerto, seperti Kebumen, Banyumas, dan yang lainnya yang diangkut melalui Rail Express. "PT KAI tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA beserta penumpang dan barang yang diangkutnya," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES