Peristiwa Daerah

Dandim 0617/Majalengka: Semangat Proklamasi Jaga Ketahanan Pangan Saat Covid-19

Jumat, 07 Agustus 2020 - 16:16 | 101.06k
Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto. Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia.
Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto. Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia.

TIMESINDONESIA, MAJALENGKADandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, memaknai HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan semangat kreativitas, suka cita dan optimistis bangkit dari pandemi Covid-19 dengan menjaga ketahanan pangan.

"Kita tidak bisa menghindari kondisi seperti sekarang ini akibat pandemi Covid-19, jadi kita harus bisa beradaptasi dengan situasi ini dan tetap kreatif dalam menjaga ketahanan pangan," ungkap Dandim Letkol Inf Andik, kepada TIMES Indonesia, Jumat (7/8/2020).

Menurut Dandim, walaupun saat ini Indonesia berada dalam situasi keterbatasan akibat pandemi Covid-19, namun tidak mengurangi makna peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2020.

"Oleh karena itu, kami akan terus mendorong semangat masyarakat Majalengka maupun para petani agar tetap terjaga untuk memproduksi pangan kita di tengah pandemi maupun di masa new normal baru," Katanya.

Menurut dia, dengan menjaga semangat para petani maupun masyarakat untuk memproduksi pangan, maka juga akan bagus bagi sistem kedaulatan dan ketahanan pangan ke depannya.

"TNI tidak hanya identik dengan senjata. Namun, kita dari Kodim 0617/Majalengka, sudah menyiapkan langkah untuk memberikan sesuatu yang sangat berguna bagi masyarakat Majalengka. Yakni, Bios 44. Manfaatnya pun beragam. Bisa untuk pertanian, perikanan dan bahkan mencegah Kebakaran Hutan serta Lahan (Karhutla)," ucap Letkol Inf Andik.

Bios 44 sendiri, menurut Letkol Inf Andik, merupakan paduan mikroorganisme akan memperkecil hingga menutup rongga-rongga lahan gambut. Karena itu, lahan tersebut tidak akan mudah terbakar dan Bios 44 ini juga berfungsi menormalisasi lahan untuk kembali seperti semula.

Bios 44 penemuan dirinya itu, sudah diuji coba di berbagai tempat. Salah satunya, cita-cita membantu pemadaman kebakaran hutan di Sumsel juga terlaksana. Juli 2016 Bios disemprotkan ke lahan gambut Sumsel yang mudah terbakar.

Setelah disiram Bios 44, lahan gambut menjadi subur. Bahkan bisa ditanami jenis tanaman lain. Lalu, saat musim kemarau, lahan tersebut sudah terkunci dan tidak mudah terbakar. Cairan tersebut tidak berbahaya bagi manusia maupun makhluk hidup lain.

Buka hanya itu. Letkol Inf Andik juga menyatakan, Bios 44 juga bisa digunakan untuk pertanian. Yakni, mengurai tanah tandus menjadi subur. Lalu, Bios 44 juga cocok untuk pengembangan budi daya perikanan. Selain itu, Bios 44 bisa digunakan untuk perbaikan bekas lahan tambang hingga peternakan.

Bahkan, dalam budi daya perikanan, cairan Bios 44 bisa memperbaiki kualitas air sehingga kolam ikan lebih produktif. Bios 44  juga pernah dilakukan dalam normalisasi lahan bekas tambang timah dan membuat lahan eks tambang bisa ditanami kembali.

"Saat ini di Majalengka, saya lihat lahan pertaniannya sangat luar biasa. Kita akan bantu para petani dengan melalui Bios 44 tersebut. Meski saya baru menjabat sebagai Dandim 0617/Majalengka, saya akan lari untuk mengejar ketertinggalan masyarakat Majalengka dalam hal pertanian maupun perikanan dan antisipasi Karhutla," jelasnya.

Dandim menambahkan, bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan stakeholder terkait di lingkungan Pemda Majalengka, untuk membantu masyarakat Majalengka dalam menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19.

"Dengan semangat Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75, mari kita gelorakan lawan Covid-19 dan tetap disiplin protokol kesehatan. Seperti, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan tetap produktivitas dalam menjaga ketahanan pangan," imbau Dandim 0617/Majalengka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES