Ekonomi

Harga Emas Terus Melonjak, Simak Manfaat dan Keuntungan Investasi Emas

Jumat, 07 Agustus 2020 - 16:02 | 106.26k
Ilustrasi emas Antam. (ANTARA / Raisan Al Farisi)
Ilustrasi emas Antam. (ANTARA / Raisan Al Farisi)

TIMESINDONESIA, JAKARTAHarga emas masih dalam tren penguatan pada Jumat (7/8/2020).  Kenaikan ini oleh ekspetasi lebih besar terhadap respons moneter karena lonjakan kasus virus Corona baru terus menghantam ekonomi Amerika Serikat. 

Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam mengalami kenaikan. Harga emas naik di angka Rp 1.065.000 per gram, pada Jumat (7/8/2020). Angka tersebut naik Rp 11.000 jika dibandingkan dengan harga emas pada Kamis (6/8/2020) kemarin.

Harga emas yang naik secara konstan ini, membuat emas menjadi salah satu investasi yang menguntungkan. Berikut keuntungan investasi emas yang dirangkum TIMES Indonesia dari berbagai sumber. 

1. Alat Tukar saat Krisis
Semua negara pasti pernah mengalami krisis keuangan. Tabungan emas yang dimiliki ini bisa digunakan menjadi alat tukar saat mata uang tengah tak terkendali. Harga emas ini juga tidak akan terpengaruh dengan inflasi sehingga lebih terkendali. 

2. Jadi dana darurat 
Selain lebih stabil saat inflasi, emas juga bisa menjadi solusi dari dana tunai karena lebih mudah dicairkan. Penggunaannya pun bisa dimaksimalkan untuk dana darurat ataupun kebutuhan mendesak lainnya, terutama saat menghadapi krisis atau pun bencana. 

3. Tak memiliki bunga 
Tabungan emas ada yang berbunga namun ada juga yang tak menggunakan bunga. Di Pegadaian sendiri, tabungan emas tak akan dipotong bunga. Menurut informasi dari Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto, dalam Pegadaian menggunakan prinsip syar'i sehingga keuntungan yang diperoleh nasabah berasal dari harga emas itu sendiri. Investasi emas di Pegadaian 100 persen terjamin fisiknya meski menggunakan platform digital dalam transaksi emas, bukan hanya emas virtual yang tak ada fisiknya.

4. Tabungan Emas lebih aman 
Tabungan emas ini juga menjadi salah satu produk investasi yang lebih aman. Fluktuasi emas tidak se-ekstrem fluktuasi saham maupun mata uang kripto. Walaupun aman, ada baiknya portofolio investasi tak semuanya ditaruh di investasi emas.

5. Hasilkan keuntungan 
Produk investasi emas ini lebih menghasilkan keuntungan. Berbeda dengan saham dan mata uang kripto, penyimpanan emas untuk investasi tidak menghasilkan return cash flow, tapi akan menghasilkan capital gain. Hal ini dikarenakan emas memang cenderung stabil dari zaman dulu hingga hari ini. 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, harga per gram emas Antam akan berbeda tergantung berat batangnya. Perbedaan ini terjadi karena ada biaya tambahan untuk pencetakan, sehingga harga per gram emas Antam batang kecil lebih mahal dari batang yang lebih besar.

Berdasarkan PMK No 34/PMK.10/2017, penjualan kembali emas batangan ke PT Antam Tbk. dengan nominal lebih dari Rp 10 juta, dikenakan PPh 22 sebesar 1,5 persen (untuk pemegang NPWP dan 3 persen untuk non NPWP).PPh 22 atas transaksi buyback dipotong langsung dari total nilai buyback

Harga emas naik di angka Rp 1.065.000 per gram hari ini berlaku di kantor Antam, Pulogadung, Jakarta. Sementara untuk penjualan harga emas di daerah lain akan berbeda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES