Politik

Pantau Pilkada 2020, KISP Kolaborasi dengan TIMES Indonesia

Jumat, 07 Agustus 2020 - 15:21 | 47.43k
Koordinator Umum KISP Edward Trias Pahlevi dan rombongan ketika audiensi ke Kantor TIMES Indonesia Regional Yogyakarta Jalan Sorowajan Banguntapan Bantul. (FOTO: Pramesti Mutiara/TIMES Indonesia)
Koordinator Umum KISP Edward Trias Pahlevi dan rombongan ketika audiensi ke Kantor TIMES Indonesia Regional Yogyakarta Jalan Sorowajan Banguntapan Bantul. (FOTO: Pramesti Mutiara/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Komite Independen Sadar Pemilu atau KISP gandeng TIMES Indonesia untuk berkolaborasi memantau proses tahapan dan kampanye Pilkada Serentak 2020. Terutama Pilkada yang dihelat di tiga kabupaten di DIY yaitu Kabuparen Sleman, Bantul, dan Gunung Kidul.

Ajakan ini disampaikan Koordinator Umum KISP Edward Trias Pahlevi ketika audiensi di Kantor TIMES Indonesia Regional Yogyakarta. Rombongan KISP diterima oleh General Manager TIMES Indonesia Regional Yogyakarta, Ahmad Riyadi S. IP dan Manager Bisnis, Soni Haryono SE, dan jurnalis Pramesti Mutiara Harum.

Koordinator-Umum-KISP-Edward-Trias-Pahlevi-B.jpg

Edward menerangkan, pelaksanaan pilkada tahun ini memang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, situasinya sedang ada pandemi Covid-19.

Nah, TIMES Indonesia sebagai media online berjejaring di seluruh Indonesia ini memiliki kekuatan yang tepat untuk ikut bersama-sama mengawal proses Pilkada Serentak 2020. Peran media online sangat penting karena dapat ikut menyebarkan segala informasi yang terkait dengan tahapan, kampanye, dan pelanggaran pilkada.

“Termasuk, media online ini dapat ikut serta memberikan informasi yang utuh terhadap sosok pasangan calon. Bagaimana kiprah dan track record pasangan calon, visi, misi dan program kerjanya yang ditawarkan kepada pemilih,” tegas alumni Fisipol UMY ini.

Edward menerangkan, KISP memiliki sejumlah program kerja dan pemantauan. Seperti, melakukan edukasi politik kepada masyarakat, memantau seberapa aktif pemilih memahami para kandidat, melihat interaksi antara pemilih dan kandidat, memantau ada tidaknya politik uang, mendorong penyelenggara pemilu menyediakan infrastruktur yang memadai bagi penyandang disabilitas.

Koordinator-Umum-KISP-Edward-Trias-Pahlevi-C.jpg

Karena itu, Edward juga mengajak TIMES Indonesia dapat ikut serta berpartisipasi memberikan edukasi politik kepada masyarakat. Caranya, mempublikasikan segala dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh pasangan calon dan tim sukses.

“Kami akan mantau ke lapangan, nanti harapannya TIMES Indonesia dapat mempublikasikan hasil temuan teman-teman KISP di lapangan,” terang Edward.

General Manager TIMES Indonesia Regional Yogyakarta, Ahmad Riyadi menyambut baik ajakan KISP.

Menurutnya, pendidikan politik tidak hanya menjadi tanggungjawab penyelenggara pemilu, kampus, dan pegiat demokrasi. Media massa pun memiliki kewajiban dan tanggungjawab memberikan pendidikan politik yang baik. Termasuk, menolak segala bentuk politik uang yang terjadi di tengah masyarakat saat tahapan pilkada dimulai.

TIMES Indonesia sendiri sudah memiliki rubrikasi Pilkada 2020. Berita-berita terkait Pilkada 2020 yang diproduksi para jurnalis TIMES Indonesia dari seluruh Indonesia masuk dalam kanal tersebut termasuk Yogyakarta. Nah, nanti kami sendiri juga akan ikut memantau jalannya tahapan dan kampanye Pilkada 2020 yang ada di tiga kabupaten di Yogyakarta,” jelas Ahmad Riyadi yang mengamini ajakan KISP untuk berkolaborasi memantau Pilkada Serentak 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES