Indonesia Positif

Mahasiswa UWG Malang Timba Ilmu Baru dalam LKMMTM Tahun 2020

Jumat, 07 Agustus 2020 - 10:57 | 80.81k
(FOTO: AJP TIMES Indonesia)
(FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa UWG Malang mengikuti kegiatan daringc. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Prof. drh. Aris Junaidi, PhD membuka kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah Batch V Tahun 2020 untuk Wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Selasa (4/8/2020).

Aris menyampaikan ada enam karakter mahasiswa untuk jadi SDM unggul. Lebih lanjut Aris menjelaskan hexagon kemahasiswaan yang menjadi acuan perguruan tinggi dalam mengembangkan kegiatan bidang kemahasiswaan yaitu pengembangan bidang penalaran, kreatifitas, minat dan bakat, bidang kesejahteraan dan kewirausahaan, bidang organisasi dan kemahasiswaan, bidang penyelarasaan dan pengembangan karir, bidang mental spiritual kebangsaan dan bela negara dan bidang internasionalisasi.

"Perguruan tinggi harus mengoptimalkan program-programnya sebagai bekal atau landasan bagi mahasiswa selama study from home untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinannya. Enam karakter ini sangat diperlukan untuk menjadi SDM unggul,” kata Aris mewakili Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI Prof. Ir. Nizam, MSc, DIC, PhD.

Aris juga menambahkan bahwa di era Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar ini mahasiswa dibebaskan memilih kompetensi tambahan di luar program studi yang ditempuh. Aris juga memberikan semangat kepada para mahasiswa untuk semasa mudanya berjuang sekuat tenaga dengan manajemen waktu yang tepat dan bergerak pada tracknya.

UWG-Malang-2.jpg

Sebelumnya, Ketua LLDIKTI VIII menyampaikan kata sambutan yang senada dengan yang telah disampaikan terlebih dahulu oleh Ketua LLDIKTI 7 bahwa pada masa pandemi Covid-19 ini mahasiswa memiliki banyak kesempatan untuk belajar melalui webinar-webinar, belajar hidup hemat karena banyak orangtua yang menjadi korban atas pandemi ini, akan tetapi tetap berprestasi dengan segala keterbatasan yang ada, hindari narkoba, agar kelak menjadi pemimpin yang inovatif, kreatif, kritis dan berjiwa wirausaha.

Hari pertama kegiatan yang diikuti oleh 558 peserta ini diisi dengan 3 materi, masing-masing adalah Kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka yang disampaikan oleh Aris Junaidi, LKMM oleh Budi Kukuh dan Literasi Digital oleh Siti Nurul Hidayati.

“Selama ini saya banyak mengikuti kegiatan fisik. Kegiatan mendengarkan ceramah dalam bentuk paparan materi seperti ini belum pernah saya dapatkan. Sangat bermanfaat bagi saya," kata Andi Setiawan anggota Resimen Mahasiswa Yon 814 Wisanggeni Universitas Widyagama Malang.

Sementara itu, Ali Faikin, mahasiswa Fakultas Hukum yang sering ditugasi melantunkan Kalam Illahi pada acara-acara besar di Kampus Inovasi ini merasa sangat bersyukur karena pada awalnya merasa kecil hati untuk dapat memenuhi persyaratan yang ada, antara lain sertifikat Pendidikan dan Latihan Dasar yang dimiliki ada di kampung halamannya di Madura, sementara yang bersangkutan berposisi di Kota Malang. Tapi keinginan kuat mengalahkan segalanya hingga akhirnya Ali bisa submit pendaftaran sehari sebelum penutupan.

Hari pertama ini lima peserta dari UWG Malang mengikuti kegiatan daring LKMMTM Tahun 2020 ini dari Lantai III Gedung Widya Graha Kampus II sementara tiga peserta lainnya mengikuti dari tempat tinggal masing-masing yaitu di Banjarmasin dan Maluku. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES