Indonesia Positif

Puskesmas Bululawang Manfaatkan Toa sebagai Media Penyuluhan

Jumat, 07 Agustus 2020 - 09:55 | 182.99k
Media Penyuluhan dengan TOA di depan Puskesmas Bululawang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Media Penyuluhan dengan TOA di depan Puskesmas Bululawang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGPuskesmas Bululawang Kabupaten Malang tidak kehilangan akal untuk promotif dalam bentuk penyuluhan informasi kesehatan kepada masyarakat khusunya masyarakat umum di sekitar puskesmas.

Terlebih lokasi Puskesmas Bululawang terletak di pusat keramaian yakni di depan pasar dan pemukiman padat penduduk. Tentunya hal itu menjadi keuntungan bagi Puskesmas Bululawang. Info terkini seputar kesehatan diumumkan melalui pengeras suara toa yang dipasang di depan Puskesmas Bululawang.

Kepala Puskesmas Bululawang Bambang Pujaswendro mengatakan bahwa media penyuluhan menggunakan toa ini merupakan salah satu media yang dapat diguanakan untuk penyuluhan masal. Ia juga mengatakan bahwa penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan penyebaran pesan kesehatan yang diharapkan dapat meningkatkan kebiasaan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Selain itu ia jugamenyampaikan bahwa cara ini merupakan salah satu cara untuk mempengaruhi perilaku masyarakat baik individu maupun kelompok.

Penyuluhan ini dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang ada di puskesmas Bululawang sesuai tanggung jawab program masing-masing antara lain, kesehatan ibu dan anak, KB, Gizi Seimbang, Kesehatan Lingkungan, penyakit menular dan tidak menular, kegiatan-kegiatan UKBM (Posyandu Balita, Lansia, Remaja, Posbindu, Poskesdes/ Desa Siaga).

Penyuluhan ini dilakukan setiap hari selama 30 menit mulai jam 08.00 wib sampai jam 08.30 wib. Dari hasil pengamatan pada masyarakat sekitar puskesmas sangat antusias dan memperhatikan materi yang diberikan. Hal ini dibuktikan dengan adanya pedagang pasar yang ikut andil dalam mengirimkan pesan dan kesannya, bahkan ikut melibatkan diri dalam siaran yang dilaksanakan.

Tidak kalah pentingnya dalam penyuluhan yang dilaksanakan adalah selalu mengingatkan perihal covid-19 secara gambling mulai dari apa itu virus corona, tanda gejala, penanganan, tatalaksana jika ditemui gejala serta pencegahannya yang dimulai dari taat protokol kesehatan, germas dengan gizi seimbang, PHBS, dan tidak stress.

Dinas kesehatan Kabupaten Malang sangat mendukung inovasi yang dilaksanakan oleh Puskesmas Bululawang ini, terbukti dengan memberikan apresiasi dan semangat untuk terus menerus memberikan penyuluhan pentingnya hidup sehat terutama di masa pandemi ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES