Indonesia Positif

Ciptakan Malang Halal Centre, BPPSDMP dan BI Saling Meyakinkan

Jumat, 07 Agustus 2020 - 08:02 | 49.73k
kegiatam koordinasi BBPP Batu bersama kepala BI Malangtgl 6 Agustus 2020 lokasi BI Kota Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
kegiatam koordinasi BBPP Batu bersama kepala BI Malangtgl 6 Agustus 2020 lokasi BI Kota Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGKementerian Pertanian RI mempunyai tugas menyelanggarakan urusan di bidang pertanian dalam membantu pemerintahan Indonesia. Untuk menuju pertanian yang  maju, mandiri dan modern diperlukan tenaga-tenaga yang handal dan profesional, dan tentunya telah sertifikasi.

Upaya peningkatan kompetensi  dan penyetaraan kualifikasi tenaga kerja Indonesia terus dikembangkan dengan pengembangan sistem sertifikasi nasional  yang melibatkan seluruh sektor termasuk sektor pertanian.

Melalui BPPSDMP Kementerian Pertanian RI berupaya meningkatkan  kualitas dan kuantitas SDM pertanian melalui pelatihan, pendidikan dan penyuluhan. Dan fungsi BPPSDMP sendiri adalah pelaksanaan penyuluhan, pendidikan, dan pelatihan standarisasi dan sertifikasi sumber daya manusia sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 

BBPP-Batu.jpg

BBPP Batu  secara organisator bergerak dalam bidang pelatihan dibawah BPPSDMP turut bertangguang jawab dalam peningkatan kompetensi sumber daya manusia khususnya bidang pertanian.  Untuk mewujudkan tugas dan fungsinya BBPP Batu melakukan pendekatan dan kerjasama dengan banyak pihak, salah satunya adalah dengan Bank Indonesia dalam kegiatan pelatihan dan sertifikasi tenaga juru sembelih halal (Juleha).

Melalui Prof. Dr. Mohammad Bisri, MS, Walikota Malang Sutiaji menyampaikan bahwa Kota Malang dicita-citakan sebagai Kota Halal, atau Malang Halal Centre. Dan langkah pertama yang diambil adalah dengan memperbanyak jumlah tenaga juru sembelih halal yang bersertifikasi. Untuk menjadi tenaga yang tersertifikasi maka SDM nya perlu diberikan pelatihan. “Nanti tanggung jawab saya untuk mencari calon peserta untuk mengikuti pelatihan, dan saya yang akan melakukan koordinasi dengan pihak RPH dan Dinas Perindustrian dan perdagangan, dan kegiatan ini ditargetkan berjalan di tahun ini” ujar Bisri.

BBPP-Batu--BI.jpg

Keterlibatan BI dalam kegiatan kerjasama ini adalah sebagai bentuk kepercayaan Walikota Kota Malang untuk membentuk UMKM yang halal. Dan BI Malang merupakan pensuport dana. Dalam pertemuan koordinasi Azka Subhan selaku Kepala BI Kota Malang menyampaikan terima kasih atas kedatangan Tim BBPP Batu dalam kegiatan kerjasama.  

“BBPP Batu siap melaksanakan pelatihan kerjasama dalam bidang pelatihan juru sembelih hahal secara online, namun pelatihan perlu dilakukan pelatihan secara konvensional karena berkaitan dengan kegiatan praktek. Dan ternak sebagai bahan praktek adalah unggas dan kambing” ujar Wasis Sarjono, Kepala BBPP Batu.

Drh. Widya Ayu Prasdini, M.Sc, Widyaiswara BBPP Batu selaku kepala divisi Repro, Keswan, Kesmavet dan RPH menyampaiakan bahwa sertifikasi Juleha dapat dilakukan dan diberikan kepada peserta pelatihan yang telah memenuhi syarat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES