Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Kompak, Gugus Tugas Singgahan Shalati dan Makamkan Jenazah Covid-19

Jumat, 07 Agustus 2020 - 13:06 | 107.87k
Penerimaan dan pemakaman Jenazah suspek covid-19 bersama perangkat desa dan gugus tugas Di Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (07/08/2020). (foto: Ahmad Istihar/TIMES Indonesia)
Penerimaan dan pemakaman Jenazah suspek covid-19 bersama perangkat desa dan gugus tugas Di Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (07/08/2020). (foto: Ahmad Istihar/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, TUBAN – Pemandangan berbeda terjadi di Desa Mulyoagung kecamatan Singgahan, kekompakan ditunjukan tim gugus tugas Covid-19 dan perangkat desa setempat saat menerima jenazah suspek covid-19 untuk dimakamkan di tempat pemakaman umum. 

Kades Mulyoagung Moh.Muhail rosyidz S.ag mengatakan, masyarakat desanya itu telah meninggal pada hari ini, Jumat (07/08/2020) untuk itu harus diperlakukan sesuai dengan syariat agama Islam sesuai dan agama almarhumah. 

Pemakaman-Covid-2.jpg

"Alhamdulillah prosesnya berjalan lancar sebagai penghormatan jenazah termasuk mensholati sebelum dilakukan pemakaman hari ini," terang kades Muhail kepada TIMES Indonesia

Hail sapaan akrab kades Mulyoagung mengimbau masyarakat tidak perlu panik dalam menghadapi dan menerima jenazah di masa pandemik covid-19. Akan tetapi, dia mengajak warga tetap waspada dan menjalankan protokol kesehatan. 

"Kami terus ajak warga dan pemdes mensosialisasikan penanganan serta perlakukan terhadap jenazah dimasa pandemik covid-19. Untuk meminimalisir gejolak sosial."tutupnya

Informasi dikumpulkan dari Peta sebaran dikeluarkan Gugus Tugas, secara kumulatif jumlah Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban sejumlah 228 orang dengan rincian Pasien Sembuh berjumlah 169 orang. 

Pemakaman-Covid-3.jpg

Adapun pasien sembuh jika dirinci adalah Perempuan (42) dan Laki-laki (32), (43) asal Kecamatan Tuban; Perempuan (27), (35), (50) asal Palang; Perempuan (63) dan Laki-laki (64) asal Semanding; Perempuan (18), (35) dan Laki-laki (28) asal Jenu serta masing-masing satu orang yaitu Laki-laki (24) asal Jatirogo, Perempuan (56) asal Bancar, Perempuan (42) asal Plumpang, Perempuan (25) asal Tambakboyo dan Laki-laki (28) asal Parengan.

"Seharusnya angka kesembuhan ini bisa lebih tinggi jika tidak ada lagi penambahan kasus baru, sehingga kepada seluruh masyarakat diharap dapat menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin terutama saat menjalankan Adaptasi Kebiasaan Baru saat ini." tutur Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati, ST. M.Kes.

Pasien terkonfirmasi baru dengan rincian, Perempuan (35), (40), (50), (66) dan Laki-laki (42) asal Tuban; Perempuan (37), (53) dan Laki-laki (41) asal Plumpang; Perempuan (32), (34), (54) asal Singgahan; Perempuan (59) asal Kerek; Laki-laki (34) asal Soko; Perempuan (32) asal Widang; Perempuan (21) asal Parengan dan Perempuan (37) asal Semanding.

"Jumlah Pasien dari Kecamatan Singgahan terus bertambah memang mengejutkan, dimana kecamatan ini sebelumnya mempertahankan beberapa bulan tanpa kasus Covid-19. Berbeda dengan Kecamatan Palang dan Tambakboyo yang sebelumnya ditemukan Kluster Covid-19, saat ini sudah tidak ada lagi pasien terkonfirmasi positif dari dua kecamatan ini." sambung jubir gugus tugas Tuban Endah Nurul.

Untuk Suspek dalam pemantauan adalah berjumlah 18 orang yaitu dari Tuban 2 Orang, Palang 1 Orang, Semanding 2 Orang, Merakurak 3 orang, Rengel 1 Orang, Plumpang 1 Orang, Singgahan 2 Orang, Jatirogo 2 Orang, Kenduruan 1 Orang dan Grabagan 1 Orang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES