Indonesia Positif

Astana Giri Gombak Ponorogo Jadi Jujukan Pengunjung Wisata Religi

Jumat, 07 Agustus 2020 - 01:17 | 443.53k
Astana Giri Gombak Ponorogo ramai pengunjung saat hari libur. (Foto: DJ /TIMES Indonesia)
Astana Giri Gombak Ponorogo ramai pengunjung saat hari libur. (Foto: DJ /TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGOAstana Giri Gombak di Desa Nglarangan Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur menjadi lokasi wisata religi yang banyak dikunjungi. Biasanya setiap hari Minggu pengunjung berdatangan ke area makam Tumenggung Broto Negoro tersebut. 

"Kalau hari Minggu pengunjung bisa sekitar 200 orang. Ada yang ziarah  makam atau hanya berkunjung saja. Kebanyakan dari rombongan gowes," ujar Parwan Kepala Desa Nglarangan.

Astana-Giri-Gombak-2.jpg

Tidak hanya bangunan makam saja, di Astana Giri Gombak kini diperindah dengan taman yang dibuat komunitas RAPI Lokal 01 Bantarangin. Taman tersebut menjadi spot swafoto sekaligus tempat berisitirahat yang nyaman bagi pengunjung. 

"Setiap minggu ada kegiatan nyetel bareng di taman sehingga pengunjung makin banyak. Kami berterima kasih kepada RAPI Bantarangin atas pembuatan taman," ujar Parwan.

Ketua Karang Taruna Desa Nglarangan Alfian Mustafawira menambahkan, pemuda setempat ikut aktif menjaga Astana Giri Gombak. Karang Taruna membuat 4  gazebo untuk tempat  berisitirahat  pengunjung. Serta menjaga kebersihan area wisata religi tersebut. 

"Sudah ada jaringan listrik dan warung penjual makanan. Kebersihan juga dijaga agar pengunjung nyaman," ujar Alfian. 

Astana-Giri-Gombak-3.jpg

Secara historis, Astana Giri Gombak merupakan makam Tumenggung Broto Negoro yang dikenal sebagai Bupati Polorejo  pada tahun 1825. Dia adalah pengikut Pangeran Diponegoro dan terlibat perlawanan terhadap Belanda. 

Dalam peperangan, pasukan yang dipimpinnya mengalami kekalahan. Tumenggung Broto Negoro kemudian melarikan diri ke area perbukitan Gunung Gombak. Tempat itu kemudian dikepung musuh. Hingga beberapa lama tidak ada pasokan logistik. 

Tumenggung Broto Negoro akhirnya wafat dan dimakamkan di puncak Gunung Gombak. Tempat itu kemudian dikenal dengan nama Astana Giri Gombak dan menjadi  ikon wisata religi Desa Nglarangan, Kecamatan Kauman, Ponorogo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-14 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES