Gaya Hidup

5 Tips Komunikasi di Grup WA yang Efektif dan Efisien

Jumat, 07 Agustus 2020 - 09:03 | 145.56k
Ilustrasi. (dok/TI)
Ilustrasi. (dok/TI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAWhatsApp (WA) kini menjadi sarana efektif untuk melakukan komunikasi. Fasilitas Grup WA bisa membantu penggunanya untuk berkoordinasi dengan efektif baik untuk bisnis, penggalangan dana, proses belajar mengajar, diskusi tema tertentu, dan lain-lain. 

Namun, tidak jarang komunikasi di grup whatsApp jadi "berantakan" karena pesan yang tersampaikan tidak utuh. Untuk itu, perlu strategi dan trik agar koordinasi dan komunikasi jarak jauh di Grup WhatsApp biasa efisien dan efektif setiap waktu. 

Berikut tipsnya:

1. Kumpulkan komunikasi Anda menjadi satu blok pokok pikiran setelah Anda membaca secara keseluruhan materi yang akan Anda respons.

2. Jangan sesekali menggunakan bahasa-bahasa pendek tapi berkali-kali melakukan enter (memasukkan komunikasi) ke dalam Grup WA. Selain pokok pikiran akan tampak kocar kacir sehingga tidak terbaca maksudnya, juga bisa menandakan alur pikiran dan komunikasi Anda tidak terstruktur. 

3. Jika akan merespons per poin bahasan, gunakan auto respons yang menjadi fasilitas Grup WA. Sehingga komunikasi bisa efektif dan efisien serta tepat sasaran. 

4. Jika akan merespons secara pribadi per poin komunikasi, bisa gunakan auto direct messege yang menjadi fasilitas Grup WA. 

5. Jika akan mengutarakan poin-poin panjang dalam komunikasi di Grup WA, usahakan membuat poin-poin yang terstruktur dalam satu tangkapan layar, sebagaimana kumpulan blok komunikasi. 

Selamat mencoba tips komunikasi Grup WA agar komunikasi di WhatsApp bisa efektif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES