Kuliner

Inilah Perbedaan Sego Pecel Kertosono dengan Pecel Lainnya

Jumat, 07 Agustus 2020 - 08:29 | 497.62k
Ilustrasi - Nasi Pecel. (foto: sambalsemarang)
Ilustrasi - Nasi Pecel. (foto: sambalsemarang)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Nasi pecel merupakan makanan yang sangat populer di Jawa. Terdapat berbagai macam nasi pecel khas yang tersebar di beberapa kota di khusunya di Jawa Timur. Pecel kertosono merupakan salah satu yang paling dikenal masyarakat luas. 

Sama seperti nasi pecel pada umumnya terdiri dari sayuran yang disiram bumbu pecel, namun sego pecel kertosono memiliki keunikan tersendiri. Berikut beberapa perbedaannya
pecel kertosono dengan yang lain.

Sambal

Pecel kertosono disajikan dengan sambal yang berbahan dasar cabai, kencur, kacang, daun jeruk dan sedikit gula. Namun rasa dari sambal pecel kertosono lebih dominan pedas dan asin.

Jenis Nasi

Dalam penyajian sego pecel kertosono terdapat dua macam, yaitu nasi pecel dan dan nasi pecel tumpang. Pada nasi pecel sama seperti penyajian umumnya yaitu berisi nasi sayur dan disiram bumbu pecel. Sedangkan pecel tumpang cukup menambahkan kuah sayur tumpang diatasnya.

Toping

Ciri khas lain dari sego pecel kertosono mempunyai lauk tambahan aneka gorengan, sate telur puyuh, sate daging, telur asin, telur dadar dan masih banyak lagi. Lauk tambahan ini biasanya disusun dalam etalase. Uniknya, aneka lauk tambahan tersebut bukan termasuk menu wajib.

Penyajian 

Cara penyajian sego pecel kertosono masih menggunakan cara tradisional yaitu dipincuk. Bungkus yang digunakan masih menggunakan koran dan dilapisi daun pisang. Dimana akan memberikan aroma khas tersendiri.

pecel6372a9619484a34c.jpg

Kuliner pecel kertosono ini dengan mudah dijumpai sepanjang waktu. Pembeli bisa memilih dua tipe yaitu makan dengan duduk di kursi dapat dijumpai di warung pagi hari. Namun jika berkunjung di sore hari, pecel kertosono ini akan banyak anda temui di warung lesehan sepanjang jalan depan Stasiun kertosono. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES