Pendidikan

Dokter Umar Usman: Momentum Dekatkan Anak dengan Masjid Lewat Belajar Daring

Kamis, 06 Agustus 2020 - 22:44 | 59.96k
Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr. Umar Usman (FOTO: dr. Umar Usman for TIMES Indonesia)
Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr. Umar Usman (FOTO: dr. Umar Usman for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr. Umar Usman mengatakan efek pandemi Covid-19 membuat murid terpaksa harus belajar dari rumah dengan mengandalkan sistem belajar daring.

Kini kebutuhan data Internet menjadi hal wajib bagi masing-masing murid. Namun, realitas di lapangan tak semua orang tua mampu menyediakan akses Internet untuk anaknya belajar di rumah, khususnya bagi mereka yang secara ekonomi terbilang lemah.

"Ini menjadi persoalan baru di masyarakat. Dengan tuntutan penggunaan media daring sebagai sarana pembelajaran, mau tidak mau membuat kebutuhan akses data Internet lebih besar dari biasanya. Sedangkan kita tahu itu (paket Internet) tidak murah," ujar Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr. Umar Usman

Menurut, Pria yang dijuluki dokter rakyat ini, sudah seharusnya pemerintah tanggap dan bisa memberikan fasilitas layak bagi para murid di Kabupaten Malang. Umar Usman mengungkapkan, masalah pendidikan memang harus menjadi tanggung jawab bersama dan konsen dari pemerintah. 

"Pemkab Malang sebagai pemangku kebijakan harusnya take action. Minimal bisa menyediakan akses WiFi gratis di tiap wilayah," kata dia

Lanjutnya, Pemerintah bisa menggandeng penyedia jasa atau provider Internet untuk menyediakan WiFi gratis bagi mereka. Kata Umar Usman, WiFi gratis itu bisa disediakan di ruang - ruang publik seprti balai RW dan kantor kelurahan/desa.

Di samping itu, Umar Usman juga mengajak masjid - masjid di Kabupaten Malang yang punya kapasitas dan kemampuan lebih untuk memberikan fasilitas WiFi gratis khusus bagi murid. Selain memudahkan murid dalam mengakses pendidikan formal juga tidak lain untuk kembali mendekatkan anak-anak agar mencintai masjid. 

Menurut Ketua PCNU Kabupaten Malang ini, kini saatnya momentum yang tepat untuk mengajak dan memperkenalkan anak-anak pada masjid lewat belajar daring . Bahwasanya di zaman Rasulullah SAW dulu masjid juga menjadi pusat pendidikan selain tempat ibadah bagi umat muslim. "Ini juga membentuk anak-anak menjadi generasi yang tangguh dengan berakhlakul kharimah," ujar dr. Umar Usman yang digadang akan diusung PKB pada Pilbub Malang 2020 ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES