Kesehatan

Ahli Kesehatan Novi Maharani Berikan Kiat Sukses 'Mengasihi'

Kamis, 06 Agustus 2020 - 21:02 | 144.50k
Ahli Kesehatan Novi Maharani. (FOTO: dok. Pribadi)
Ahli Kesehatan Novi Maharani. (FOTO: dok. Pribadi)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – ASI atau air susu ibu adalah makanan terbaik untuk bayi. Sayangnya masih banyak ibu yang belum maksimal menyusui, salah satu kendalanya ASI tak lancar. Ahli Kesehatan Novi Maharani memberikan kiat sukses mengasihi (kata lain dari memberi asi). 

Manurut Novi, ASI yang tidak lancar bisa disebabkan kurang tepatnya mulut bayi masuk pada areola (sekitar puting). Hal tersebut menyebabkan puting lecet sehingga ibu 'malas' menyusui lagi. Karena itu, Novi menegaskan cara menyusui harus benar. 

Selain itu, gangguan bendungan ASI lainnya adanya pembengkakan payudara yang menyebabkan payudara terasa nyeri dan keras. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan aliran darah dan suplai ASI di payudara.

"Gangguan demikian oleh kebanyakan ibu menyusui dianggap bahwa produksi ASI sedikit dan tidak mampu mencukupi kebutuhan bayi. Maka seringkali ibu memilih menambahkan susu formula pada bayinya," terang Novi. 

Padahal, lanjut Novi, nutrisi ASI lebih mudah dicerna dan diserap oleh sistem pencernaan bayi sehingga meminimalisasi terjadinya masalah dalam tubuh mungilnya, berbeda dengan susu formula. 

Supaya ada pemahaman komprehensif, Novi mendorong perlunya edukasi bagi ibu-ibu menyusui. 

"Perlunya edukasi lebih luas bahwa produksi ASI bekerja berdasarkan prinsip supply and demand dimana produksi ASI justru semakin meningkat jika ibu sering menyusui bayi," kata Novi. 

Yang tak kalah penting yang harus dilakukan ibu menyusui adalah konsumsi gizi seimbang, cairan cukup, dan menjaga kondisi mental tetap rileks dan nyaman. 

"Usahakan menyusui setiap 2-3 jam sekali," kata Novi. 

Novi Maharani, ahli kesehatan juga menekankan dukungan dari suami dan keluarga terdekat juga menjadi kiat sukses mengasihi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES